Wiper Mobil Bunyi Berdecit, Lakukan Hal Ini!

Bonifasius Sedu Beribe
Sabtu 25 Maret 2023, 23:35 WIB
Wiper pada kaca mobil bagian depan dan belakang merupakan sebuah komponen penting yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pengendara saat kondisi hujan maupun gerimis

Wiper pada kaca mobil bagian depan dan belakang merupakan sebuah komponen penting yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pengendara saat kondisi hujan maupun gerimis

LABVIRAL.COM, Wiper pada kaca mobil bagian depan dan belakang merupakan sebuah komponen penting yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas pengendara saat kondisi hujan maupun gerimis.

Dengan adanya wiper, pengendara akan sangat terbantu ketika melakukan perjalanan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu hingga ekstrem sekalipun.

Maka dari itu, komponen wiper pada bagian kaca depan dan belakang kendaraan sangatlah penting. Namun dengan beragam faktor, wiper juga dapat rusak dan berubah kondisinya.

Baca Juga: Wiper Mobil Rusak, Ketahui 4 Tandanya dan Perlu Diganti

Bagian utama dari wiper yang paling rentan adalah karetnya, sehingga dengan beberapa kondisi tertentu karet wiper tersebut mengalami aus dan strukturnya akan habis dimakan usia.

Jika karet wiper habis, maka dampaknya akan menimbulkan bunyi decit yang akan mengganggu pendengaran pengendara, juga akan berpengaruh pada performa wiper untuk membersihkan kotoran pada kaca mobil.

Oleh sebab itu, ada beberapa solusi yang dapat mengatasi bunyi decit pada wiper mobil, salah satunya adalah dengan melumasi kedua bilah karet wiper dengan cairan penetran seperti WD-40.

Cairan penetran tersebut dianggap mampu menghilangkan bunyi decit pada wiper karena adanya kandungan silicon multifungsi yang dapat melenturkan komponen karet pada wiper.

Baca Juga: Ini Fakta Menarik Tentang Wiper Mobil yang Wajib Diketahui Sebelum Menggantinya

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini