Cara Nyetir Mobil Matic di Turunan Curam, Kuncinya Jangan Panik!

Bonifasius Sedu Beribe
Sabtu 25 Maret 2023, 23:46 WIB
Saat melakukan perjalanan menggunakan mobil, seringkali pengendara dihadapkan dengan berbagai medan yang curam dan berkelok tajam.

Saat melakukan perjalanan menggunakan mobil, seringkali pengendara dihadapkan dengan berbagai medan yang curam dan berkelok tajam.

LABVIRAL.COM, Saat melakukan perjalanan menggunakan mobil, seringkali pengendara dihadapkan dengan berbagai medan yang curam dan berkelok tajam.

Seringkali pengendara akan merasa biasa saja saat menggunakan mobil manual saat melewati turunan curam, dikarenakan akan sangat mudah untuk menggunakan berbagai teknik pengereman, salah satunya yaitu engine brake.

Namun, bagaimana jika pengendara tersebut menggunakan mobil matic, karena jika mengandalkan pengereman standart sering kali tidak cukup dan bisa terjadi malfungsi karena cakram akan kepanasan.

Baca Juga: Tips Melakukan Pengereman Motor Matic Agar tidak Terpeleset di Turunan!

Maka dari itu, pengguna mobil matic harus memahami dan menguasai teknik pengereman dengan menggunakan engine brake dalam mobil matic.

Jika teknik tersebut diterapkan dengan baik dan benar, maka penggunaan rem akan dapat maksimal di medan turunan curam.

Untuk memainkan transmisi memang ada langkah-langkah yang perlu dipahami, langkah pertama adalah pengendara harus memperkirakan turunan , hal tersebut bertujuan agar komposisi gigi transmisi seimbang dengan putaran mesin.

Baca Juga: Jangan Terus Injak Kopling, Ini Tips Tips Aman Berkendara Mobil di Tanjakan dan Turunan

Kemudian, gigi transmisi diturunkan secara bertahap, hal ini bertujuan saat jeda perpindahan tiap gigi transmisi akan menimbulkan hentakan yang dapat menahan laju kendaraan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini