Tips Merawat Ban Tubeless Sepeda Motor Agar Lebih Awet

Yowan R
Sabtu 11 Maret 2023, 09:28 WIB
Ilustrasi ban tubeless sepeda motor (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi ban tubeless sepeda motor (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Ban Tubeless merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi kendaraan bermotor. Ban tubeless memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ban tubetype (ban konvensional yang masih menggunakan ban dalam).

Banyak yang tidak tahu mengenai apa kelebihan dari ban tubeless dan bagaimana perawatannya supaya ban tetap awet.

Ban tubeless adalah ban yang tidak memiliki ban dalam seperti ban konvensional umumnya. Ban ini didesain agar dapat terisi angin meskipun tidak menggunakan ban dalam. Penggunaan ban tubeless biasanya harus dengan velg yang juga memiliki tipe tubeless. Velg tersebut adalah jenis velg cast wheel atau lebih dikenal dengan velg racing.

Ban tubeless sendiri memiliki beberapa kelebihan yang sangat mencolok dibandingkan dengan ban biasa atau konvensional. Salah satu diantaranya dari kelebihan ban ini adalah tidak perlu menggunakan ban dalam. Kelebihan lainnya adalah lebih mudah ditambal jika ban mengalami kebocoran.

Baca Juga: Supaya Riding Saat Sunmori Berjalan Lancar, Lakukan Tips Berikut Ini!

Cara Merawat Ban Tubeless Agar Tetap Awet:

1. Perhatikan Seal Atau Pelindung Yang Ada Di Dalam Ban Tubeless

Ban tubeless memilih sebuah pelindung atau seal yang berguna untuk mencegah angin keluar dari ban. Seal tersebut yang nantinya akan menjadikan ban ini bisa terisi angin tanpa adanya ban dalam. Seal pada ban tubeless tentunya akan semakin terkikis semakin berjalannya waktu, hal ini yang menyebabkan ban tubeless bisa bocor.

2. Jangan membongkar pasang ban tubeless dari velg terlalu sering

Karena pentingnya kegunaan seal dari ban tubeless, jangan terlalu sering untuk membongkarnya karena bisa merusak seal tersebut.

Untuk menambal ban tubeless ini tidak perlu membongkarnya dari velg seperti ban konvensional. hanya perlu menggunakan peralatan yang digunakan untuk memasukkan karet tambal ke dalam ban tubeless, bukan membongkar ban tubeless.

3. Gunakan Nitrogen bukan angin biasa

Gas nitrogen yang diisikan di dalam ban tubeless akan mengurangi panas yang dihasilkan saat ban digunakan dalam waktu yang lama dan kecepatan yang tinggi. Hal ini berguna untuk mencegah kerusakan yang akan terjadi pada ban tubeless.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini