Cara Setel Karbu Motor Supaya Irit tapi Bertenaga

Andi Syafriadi
Minggu 26 Maret 2023, 15:40 WIB
Karburator Motor (Sumber : Pinterest)

Karburator Motor (Sumber : Pinterest)

LABVIRAL.COM- Meskipun sebagian besar pabrikan telah mengganti sistem pembakarannya menjadi full injection, tapi masih banyak pula yang menggunakansistem pembakaran karburator.

Penggunaan karburator pada sistem pembakaran motor, dinilai lebih mudah untuk dimodifikasi dan lebih mudah dalam penanganan jika mengalami kerusakan.

Cara kerja karburator masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston dan silinder yang nantinya bisa disetel sesuai kebutuhan.

Penyetelan karburator tidaklah sama antara motor harian dan motor balap. Motor harian diharuskan irit bahan bakar dan juga tenaga yang cukup.

Karena itu penyetelan karburator motor harian harus seimbang antara bahan bakar dan udara agar motor irit dan bertenaga.

Berikut cara penyetelan karburator motor harian yang benar.

Baca Juga: Tips Simpel Pilih Ban Motor di Kala Musim Hujan Biar Aman

1. Siapkan obeng (-)

Untuk melakukan penyetelan karburator, kamu harus menyiapkan alatnya terlebih dahulu. Alat yang dibutuhkan adalah obeng (-).Obeng (-) ini digunakan untuk menyetel dua sekrup pada karburator, sekrup setelan udara dan sekrup setelan gas.

2. Hidupkan motor

Untuk memastikan kondisi motor baik-baik saja. Kamu perlu menghidupkan motor terlebih dahulu. Karburator hanya bisa di setel saat mesin dalam kondisi hidup. Putar tuas gas untuk mengetahui performa mesinnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini