Lupa Ganti Kampas Rem, Akibatnya Bahaya Bro!

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 15:31 WIB
Ilustrasi: Kampas rem (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi: Kampas rem (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Kampas rem adalah salah satu komponen penting pada kendaraan yang harus selalu diperhatikan kondisinya. Sebab, kampas rem berperan penting dalan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Dalam beberapa kasus, kecelakaan terjadi karena kelalaian dalam memperhatikan bagian kendaraan yang satu ini. Seperti diketahui, rem merupakan komponen yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.

Sadar betapa pentingnya komponen ini, maka kondisi kampas rem harus kamu perhatikan. Tentunya, dengan melakukan pengecekan secara teratur, agar jika terjadi sesuatu pada rem, dapat langsung terdeteksi.

Kampas rem yang tidak diperhatikan dan tidak diganti akan menimbulkan beberapa masalah. Apa saja? Cek penjelasan Labviral.com, berikut ini!

Baca Juga: Lupa Ganti Kampas Rem Harusnya Gak Boleh Jadi Alasan

Mudah celaka

Jika kamu tidak memperhatikan kondisi kampas rem, sampai dengan lupa menggantinya, maka akibat fatalnya adalah mudah kecelakaan. Karena kampas rem erat dengan sistem keselamatan laju kendaraan. Saat kampas sudah habis, maka kinerjanya tidak bisa maksimal. Akibatnya, akan timbul risiko yang sering terjadi adalah kecelakaan. Resiko kecelakaan tentunya tidak diharapkan oleh semua pengendara.

Baca Juga: Kampas Rem Motor Masih Tebal tapi Rem Motor Nggak Pakem?

Kerusakan pada komponen lainnya

Kampas rem berfungsi memaksimalkan kinerja rem. Sekaligus sebagai penghilang gesekan antara permukaan rem dengan roda. Karena pergesekan kedua komponen yang sama-sama terbuat dari besi, ini akan menimbulkan beberapa akibat.

Misalnya, timbulnya bunyi berdecit akibat gesekan. Juga, munculnya bau seperti terbakar pada bagian belakang mesin. Hal yang paling fatal akibat adanya gesekan terus menerus ini, akibatnya adalah kedua komponen yaitu rem dan roda akan mengalami aus dan mengalami perubahan bentuk.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Ini Waktu Ganti Kampas Rem Motor yang Tepat!

Apabila sampai pada tahap ini, yang terjadi bukan hanya membahayakan bagi pengendara, tetapi juga akan menimbulkan kerusakan-kerusakan lain. Tentunya, hal ini akan membuat kamu merogoh kocek yang tidak sedikit.

Sekilas, kampas pada rem memang terdengar sederhana secara fungsi sebagai komponen kendaraan. Tapi, kampas rem memiliki fungsi dan peran penting bagi kendaraan.

Maka mulai sekarang, perhatukan kondisi kampas rem kendaraan kamu, entah itu motor atau mobil.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini