Cara Menemukan Lokasi HP Hilang Pakai Google Android Find

Annisa Fadhilah
Minggu 26 Maret 2023, 11:38 WIB
Tangkapan layar Google Android Find (Sumber : Google Find My Device)

Tangkapan layar Google Android Find (Sumber : Google Find My Device)

LABVIRAL.COM - Cara menemukan lokasi HP hilang dengan Google Android Find perlu pengguna saat ini.

Dewasa ini kita memang dimanjakan dengan berbagai fitur canggih dari HP atau smartphone. Salah satu jenis HP yang populer dan banyak digunakan oleh semua orang adalah tipe android. Jenis HP ini memang menawarkan beragam fitur menarik, salah satunya adalah cara menemukan lokasi HP yang hilang.

Kehilangan HP memang jadi salah satu hal yang menyebalkan. Pasalnya, di dalam HP tak hanya sebagai alat komunikasi atau hiburan saja, tapi terdapat berkas atau data privasi yang sangat penting.

Sekarang, jika kita sedang kehilangan HP, kita tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan lokasi HP yang hilang.

HP yang hilang dapat dicari dengan berbagai metode. Salah satu yang populer adalah menggunakan Google Find.

Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak!

  1. Jika kita kehilangan HP, langkah pertama ini adalah kita harus membuka laman google.com/android/find di browser. Dengan membuka laman tersebut, kita bisa melacak lokasi HP yang hilang.
  2. Lakukan login atau masuk ke akun Google yang tersambung dengan HP yang hilang. Lakukan login Google ini di perangkat komputer atau HP lain milik saudara atau teman sebagai perangkat untuk melacak.
  3. Jika akun Google sudah digunakan di lebih dari satu HP, maka klik jenis HP yang hilang di bagian kiri atas. Pilih merek HP yang hilang.
  4. Ketika sudah terhubung dengan akun Google yang ada di HP yang hilang, maka akan muncul lokasi keberadaan terakhir HP.
  5. Jika HP tidak bisa ditemukan menggunakan fitur lokasi, maka silakan lihat lokasi terakhir HP tersebut.
  6. Selain fitur menemukan dengan lokasi, terdapat fitur lainnya yang bisa dicoba. Seperti Putar Suara (Play Sound). Fitur ini akan membuat HP yang hilang berdering selama 5 menit tanpa henti walau HP dalam keadaan mode getar dan silent atau diam.
  7. Jika HP masih belum ketemu, maka langkah selanjutnya bisa memakai cara "Amankan Perangkat". Cara ini adalah untuk mengunci perangkat dan membuat logout akun Google kita.
  8. Pada fitur "Amankan Perangkat" ini juga terdapat cara untuk menampilkan pesan atau nomor telepon lain di layar kunci. Hal ini tentu untuk memudahkan jika ada orang yang menemukan bakal membaca pesan dan menghubungi nomor telepon itu.
  9. Jika memang tidak bisa ditemukan, sedangkan kita ingin mengamankan data atau privasi, pilihannya adalah dengan Hapus Perangkat (Eraser Device). File atau data-data yang terhapus tersebut hanya dari perangkat memori internal HP, sedangkan untuk memori eksternal tidak akan ikut terhapus.
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini