Dampak Menghapus Cache dan Data Aplikasi Agar Kinerja Laptop Lancar Terus

Annisa Fadhilah
Minggu 26 Maret 2023, 11:58 WIB
Ilustrasi seseorang yang melakukan akses virtual melalui perangkat laptop. (Sumber : Pixabay.com/Steven Weirather)

Ilustrasi seseorang yang melakukan akses virtual melalui perangkat laptop. (Sumber : Pixabay.com/Steven Weirather)

LABVIRAL.COM - Memori cache dan data pada laptop dan perangkat digital lain memiliki fungsi yang berbeda. Sifat dari kegunaan cache dan data pada laptop juga berbeda. Sehingga menghapus cache dan menghapus data pada laptop tentu saja berbeda caranya. 

Perbedaan fungsi cache dan data tersebut membawa dampak berbeda saat menghapusnya. Perbedaan dampak penghapusan memori cache dan data dapat dikenali dengan mudah. Sehingga untuk menghapusnya perlu diketahui dulu apa tujuannya agar tidak salah hapus memori cache dan data

Memori cache adalah  area penyimpanan sementara dari sebuah perangkat. Isi dari cache memiliki beragam data. Fungsinya utama cache untuk mempercepat pemrosesan dalam menjalankan suatu pengoperasian. 

Misalnya saat membuka sebuah aplikasi maka memori cache akan merekam operasi apa saja yang sudah dilakukan dalam aplikasi tersebut. Sehingga jika tiba-tiba berpindah aplikasi maka memori aplikasi yang ditutup masih ada.

Memori data adalah media penyimpanan permanen yang digunakan sebuah aplikasi untuk menyimpan data-data pentingnya agar dapat beroperasi. Fungsinya agar sebuah aplikasi dapat berjalan lancar saat sewaktu-waktu digunakan langsung terbuka dan berfungsi normal. Jika dihapus akan memberikan dampak tertentu. 

Dampak menghapus memori cache

Menghapus memori cache berarti menghapus data sementara sebuah aplikasi. Dampak yang ditimbulkan tidak begitu berat hanya akan menghentikan dan menutup aplikasi sementara. Jika aplikasi dibuka kembali maka akan berjalan normal.

Menghapus memori cache biasanya dilakukan agar aplikasi berjalan lebih lancar. Pasalnya memori cache yang sudah lama tersimpan memang harus dikurangi, jika tidak ini akan memberatkan running aplikasi. 

Dalam memori cache, data yang tersimpan hanyalah data temporer dalam aplikasi sehingga cepat atau lambat data tersebut akan terhapus secara tidak langsung dengan data operasi aplikasi. Sehingga penghapusan data cache tidak begitu berdampak pada komputer atau laptop, bisa dilakukan kapanpun untuk memperingan kinerja aplikasi.

Perbedaan menghapus data cache dan data aplikasi (Bisnisinsider)

Dampak menghapus memori data

Menghapus data aplikasi lebih berdampak serius dibandingkan dengan menghapus cache. Apabila menghapus cache hanya beresiko kecil pada penyimpanan, pengaturan aplikasi, dan membersihkan data aplikasi sehingga akan menghapus pengaturan yang telah dibuat. Sedangkan, menghapus data aplikasi berarti menghapus sebagian dari aplikasi itu sendiri sehingga kemungkinan aplikasi tidak berjalan normal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini