Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Menyala, Apa Saja?

Yusuf Tirtayasa
Minggu 26 Maret 2023, 12:21 WIB
Ilustrasi Mesin Mobil (Sumber : Auto2000)

Ilustrasi Mesin Mobil (Sumber : Auto2000)

LabViral.com - Permasalahan mesin mobil yang tak bisa menyala saat distarter kadang kala menghampiri pemilik mobil. Jika sudah begitu, pemilik harus menyelesaikan masalah apa yang terjadi di mobil kesayangannya itu.

Untuk menghindari permasalahan yang tidak perlu itu, pemilik mobil bisa mencari tahu, apa saja sih penyebab mesin yang tak mau menyala saat distarter? Berikut beberapa penyebab mobil tidak nyala saat distarter yang dilansir dari Auto2000.

1. Busi mobil kotor

Busi adalah komponen penting dalam proses starter mobil. Busi yang kotor bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan mobil tidak bisa hidup saat distarter. 

Debu dan kotoran dapat menghambat percikan bunga api ketika proses starter dijalankan. Karenanya, Anda harus rutin melakukan pembersihan pada busi untuk mencegah kotoran menempel.Gosok bagian busi yang kotor dengan cairan penetran khusus. 

Namun, bisa juga busi sudah tak dalam kondisi baik sehingga mobil susah dinyalakan saat kondisi mesin masih panas. Saat temperatur mesin sudah menurun, barulah mobil dapat dinyalakan. 

Kalau seperti ini kondisinya, maka ada baiknya segera mengganti busi dengan yang baru agar tak menghambat kinerja mobil. 

2. Aliran bahan bakar tak lancar

Agar bisa menyala, mesin membutuhkan bahan bakar yang dialirkan dari tangki mesin. Akan tetapi, apabila aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan sempurna, maka mesin pun tak dapat dinyalakan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini