6 Cara Membersihkan RAM Penuh Agar Performa Laptop Optimal Dengan Mudah

Annisa Fadhilah
Minggu 26 Maret 2023, 13:36 WIB
Ilustrasi RAM laptop (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi RAM laptop (Sumber : Freepik.com)

Random Acces Memory (RAM) merupakan komponen komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara dan dapat menjalankan beberapa program. Oleh karenanya RAM bisa penuh oleh sampah-sampah program

RAM harus dibersihkan di laptop secara berkala. Sebab, Kecepatan RAM akan berpengaruh kepada performa laptop ketika digunakan. Apabila laptop yang digunakan terasa semakin lambat dan lemot maka bisa jadi penyebabnya adalah RAM yang sudah penuh. 

Ada beberapa cara untuk membersihkan RAM di laptop yang sudah penuh. Berikut rangkumannya untuk kamu yang belum tahu.

Restart laptop

Cara umum yang biasa digunakan untuk membersihkan RAM adalah dengan melakukan restart laptop. Setelah restart ulang, umumnya RAM laptop akan kembali normal seperti semula.

Cara ini dapat dilakukan untuk membersihkan program serta aplikasi di laptop yang menggunakan resource RAM yang berukuran besar.  Waktu yang tepat untuk melakukan restart laptop adalah ketika terdapat aplikasi yang not responding dan laptop berjalan lemot. Sebelum melakukan restart laptop, pastikan data-data penting sudah tersimpan di tempat yang aman ya.

Matikan Proses Task Manager

Selain restart, cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan RAM penuh adalah dengan mematikan program yang memakan resource RAM di Task Manager.

Cara ini bisa memperlihatkan aplikasi yang membutuhkan RAM besar, jika sudah ketemu lakukan end task. Caranya masuk ke Task Manager kemudian pencet tombol Ctrl+Alt+Delete. End Task Manager, kemudian jika sudah terbuka pilih aplikasi maupun program yang memakan RAM yang banyak kemudian End Task.

Uninstall program yang tidak penting

Bagi yang sudah terlalu banyak menginstal aplikasi atau program di laptop, sebaiknya pilah pilih mana yang tidak penting kemudian hapus. Untuk melakukan uninstall aplikasi di laptop bisa langsung menuju menu Settings>Apps>Apps & features.

Mematikan program yang biasanya berjalan otomatis

Terdapat beberapa program yang berjalan secara otomatis ketika laptop pertama kali dihidupkan. Program tersebut secara otomatis akan menggunakan resource RAM. Ini bisa memperlambat kinerja RAM. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini