7 Cara Atasi Laptop Lemot, Gak Perlu Ke Tukang Servis

Annisa Fadhilah
Minggu 26 Maret 2023, 14:27 WIB
ilustrasi cara gampang lihat spesifikasi laptop di windows 10 (Sumber : Freepik.com)

ilustrasi cara gampang lihat spesifikasi laptop di windows 10 (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Laptop yang sudah mulai lemot dan lambat kinerjanya dapat mengganggu aktivitas yang berhubungan dengan laptop, apalagi jika terkait keperluan penting.

Jika laptop lemot dan lambat kinerjanya, jangan buru-buru untuk diganti dengan yang baru karena masalah tersebut bisa saja masih bisa diatasi.

Laptop merupakan alat elektronik yang memiliki banyak perangkat sensitif. Perangkat di laptop akan bekerja dengan baik apabila penggunaannya memperhatikan kondisi laptopnya. 

Namun, jika laptop sudah kadung lambat dan lemot, berikut 7 cara dapat dicoba untuk memulihkan laptop lemot kembali.

Menghapus program yang tidak dipakai

Saat pertama kali membeli laptop, mungkin beberapa aplikasi sudah terinstall sebelumnya. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya akan membebani dan membuat laptop menjadi lemot. 

Maka, perlu untuk menghapus aplikasi maupun program yang sudah tidak digunakan agar laptop bekerja lebih lancar dan tidak lemot.

Gunakan antivirus yang ringan

Banyak aplikasi atau program antivirus yang malah membuat kinerja laptop menjadi lebih berat. Maka penting untuk memilih antivirus yang ringan dan tidak membebani laptop. Contohnya antivirus seperti Norton dan BitDefender yang lebih ringan dan tidak banyak memakan resources.

Bersihkan cache secara berkala

Cache atau temporary files dalam laptop harus sering dibersihkan secara rutin agar laptop menjadi lebih lancar. Caranya dengan membuka file manager, klik kanan pada gambar di Hardisk kemudian klik properties dan arahkan kursor ke tab general kemudian pencet tombol disk cleanup untuk membersihkan cache yang menumpuk.

Merubah pengaturan daya ke daya tinggi

Dalam Windows 10 terdapat fitur untuk pengaturan daya laptop yang bisa membuat kinerja laptop menyesuaikan dengan kebutuhan. Merubah pengaturan daya caranya dengan memencet kanan pada gambar baterai kemudian ubah pengaturan daya menjadi daya tinggi agar dapat meningkatkan kinerja laptop sehingga tidak lemot.

Matikan system indexing yang menyala

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini