Warna Bodi Motor Jadi Pudar, Ada 5 Kesalahanmu

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 15:19 WIB
Illustrasi (Sumber : astramotor.co.id)

Illustrasi (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Menjaga performa kendaraan memang yang utama agar beberapa fitur pada kendaraan berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi selain menjaga performa kendaraan menjaga tampilan kendaraan juga menjadi hal yang sangat penting terutama warna.

Menjaga warna untuk tetap berkilau dan tidak kusam sangatlah penting, karena kendaraan yang kinclong dengan warna yang mengkilat sangat sedap dipandang mata.

Motor, kendaraan roda dua yang jauh beresiko untuk kehilangan warna, karena memudar. Memudarnya warna pada kendaraan roda dua tersebut dapat disebabkan oleh hal-hal sepele. Berikut hal-hal yang dapat memudarkan warna motor:

Baca Juga: Tips Wrapping Full Bodi Sepeda Motor Agar Rapi!

1. Parkir dibawah sinar matahari

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan warna cat pada motor. Untuk itu jangan memarkirkan kendaraan anda di lapangan terbuka atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari.

2. Air hujan

Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan cat pada motor. Selain itu, air hujan ini juga dapat menimbulkan korosi pada komponen motor yang berbahan logam. Jadi apabila motor terkena air hujan, segera bilas dan cuci motor dengan air bersih.

Baca Juga: Tampang Gagah PO Gunung Harta Bodi Jetbus SDV 3++ Adiputro dengan Sasis Hino

3. Debu yang menempel

Debu pada motor sering kali disepelekan padahal debu yang dibiarkan dapat merusak lapisan warna sehingga warna dapat memudar ditambah kerikil-kerikil yang terdapat pada debu dapat membuat goresan bagi body motor.

Untuk mengatasi masalah debu ini, biasakan untuk rutin mencuci kendaraan saat kotor. Kemudian saat mengelap sepeda motor, biasakan untuk membilasnya dengan air bersih agar debu yang menempel pada sepeda motor hilang.

Baca Juga: 5 Penyebab Pudarnya Warna pada Bodi Motor, Kamu Pasti Sering Menyepelekannya

4. Proses cuci motor

Proses mencuci motor menjadi salah satu penyebab mudahnya warna memudar jika dalam proses mencuci tidak baik dan benar.

Pencucian yang kurang baik, misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia keras yang bisa merusak kualitas dan mengikis cat motor.

Selain penggunaan sabun colek, proses pengeringan motor setelah di cuci juga tidak boleh disepelekan, pengeringan yang tidak benar dapat meninggalkan bercak-bercak yang dapat mengkis warna motor tersebut.

Baca Juga: Tips Ampuh Copot Stiker dari Bodi Motor Motor Tanpa Bekas

5.Tumpahan minyak

Body motor yang terkena tumpahan atau tetesan minyak dapat memudarkan warna motor itu sendiri, karena sifatnya yang mudah meresap ke permukaan cat. Tidak hanya minyak tetapi bensin dan thinner juga dapat mengkis warna jika mengenai body motor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini