Cara Charging Wuling Air EV di SPKLU PLN Cukup Pakai Aplikasi

Yusuf Tirtayasa
Minggu 26 Maret 2023, 16:02 WIB
mobil listrik Wuling Air EV (Sumber : Hoedhoed)

mobil listrik Wuling Air EV (Sumber : Hoedhoed)

LABVIRAL.COM - Pabrikan otomotif asal Cina, Wuling Motors, tampaknya tak ingin ketinggalan menggarap segmen mobil listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air. Hal itu terbukti dengan kehadiran Wuling Air EV.

Mobil "imut" itu meluncur secara resmi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu.

Sesuai namanya, Wuling Air EV merupakan mobil listrik murni yang mengandalkan daya baterai untuk bisa melaju. Daya kerja tenaga Wuling Air EV menggunakan jenis transmisi otomatis dengan motor listrik penggerak roda belakang bertenaga 30 kW atau 40,7 dk. 

Wuling Air EV di Indonesia terdiri dari dua varian, yaitu standard range dan long range. Untuk spek Wuling Air EV Standard Range memiliki kapasitas baterai 18 kWh dengan dengan jarak tempuh mencapai 200 kilometer. 

Sementara, Long Range kapasitas baterainya 26,5 kWh dengan jarak tempuh hingga 300 kilometer. Sebagai kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia, Air EV menawarkan beragam keunggulan, seperti kemudahan pengisian daya (charging).

Selain dapat dilakukan di rumah dengan minimal daya 2.200 W, charging juga dapat dilakukan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Jika melakukan pengisian di SPKLU,maka pengemudi harus mengunduh aplikasi Charge.in dan Linkaja.  

Untuk melakukan charging, langkah pertama dengan memasang adaptor yang sudah disediakan di unit Wuling Air EV ke lubang pengisian di bagian depan mobil.

Selanjutnya, pilih soket jenis AC dan sambungkan ke adaptor. Jangan lupa matikan pendingin mobil dan tidak ada penumpang di dalamnya agar charging berlangsung optimal dan demi keamanan, lalu tekan lock pada remote kunci.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini