Perbedaan Aki Konvensional dan Maintenance Free, Mana yang Lebih Baik?

Yusuf Tirtayasa
Minggu 26 Maret 2023, 23:13 WIB
Ilustrasi Aki kering GS ASTRA MF GTZ-5S (Sumber : Screnshoot/aki.gs-astra.com)

Ilustrasi Aki kering GS ASTRA MF GTZ-5S (Sumber : Screnshoot/aki.gs-astra.com)

LabViral.com - Aki adalah komponen yang paling penting dalam urusan kelistrikan baik mobil maupun motor. Dewasa ini, jenis aki sudah sangat beragam. Ada dua jenis yang paling banyak beredar di pasaran yakni aki konvensional dan aki maintenance free atau biasa disebut MF. Lalu apa perbedaanya?

Aki Konvensional

Aki konvensional sering juga disebut aki basah. Karena, aki ini perlu diisi dengan cairan elektrolit untuk merendam selnya.

Cairan elektrolit ini mudah menguap pada kondisi tertentu, misalnya saat suhu udara panas atau karena suhu mesin mobil yang cukup panas.

Oleh sebab itu, pemakai aki ini harus rajin mengecek kadar cairan di dalam aki dan mengukur kadar batas upper dan lower level.

Jika kalian mencari aki dengan daya tahan yang cukup lama, aki konvensional ini bisa menjadi pilihan. Namun, harus diingat mengenai perawatannya yang ekstra telaten.

Baca Juga: Cara Jumper Aki Mobil Ketika Mesin Susah Menyala

Aki MF (Maintenance Free)

Aki MF (maintenance-free) memiliki nama lain yang cukup populer di pasaran sebagai aki kering. Sesuai namanya, aki ini membutuhkan perawatan yang sangat simpel, berbeda dengan aki konvensional yang harus terus dicek.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini