5 Fakta Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Indonesia yang Diresmikan Jokowi

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 04:51 WIB
Presiden Jokowi  pada Rabu (15/9/2021) meresmikan ground breaking pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia. (Sumber : Facebook/Ridwan Kamil)

Presiden Jokowi pada Rabu (15/9/2021) meresmikan ground breaking pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia. (Sumber : Facebook/Ridwan Kamil)

LabViral.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (15/9/2021) meresmikan ground breaking pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia milik PT HKML di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini disebut akan jadi tonggak sejarah baru perkembangan teknologi mobil listrik di Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan akan memberi dukungan penuh terhadap pengembangan industri hilirisasi, seperti kemudahan izin hingga kepastian hukumnya. Ini dinilai sebagai jalan keluar bagi Indonesia dari jebakan negara pengekspor bahan baku.

"Indonesia berkomitmen memberikan dukungan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik. Pemerintah terbuka atas berbagai inisiatif kerja sama dengan negara sahabat,” ucap Presiden Jokowi seperti dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Ada beberapa fakta menarik terkait pabrik baterai mobil listrik tersebut. Berikut lima di antaranya.

1. Investasi dua perusahaan besar

Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat merupakan investasi dari dua perusahaan raksasa dari Korea Selatan yaitu konsorsium LG Energy Solution dan Hyundai.

Baca Juga: Agar Baterai Mobil Listrik Awet, Hindari Kebiasaan Ini

2. Pabriknya akan jadi pabrik baterai mobil listrik terbesar di ASEAN

Salah satu tonggak sejarah yang terukir dari pembangunan pabrik ini adalah, industri baterai listrik untuk mobil listrik/electric vehicle (EV) akan jadi yang terbesar se-Asean

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini