Apa itu Sunroof Mobil, Biaya, Perawatan dan Pilihan Mobilnya

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 12:39 WIB
Ilustrasi sunroof mobil (Sumber : wuling.id)

Ilustrasi sunroof mobil (Sumber : wuling.id)

LabViral.com - Pencinta roda empat siapa sih yang enggak kenal sunroof? Bagian mobil ini dianggap bisa menjadi penanda kelas sebuah mobil.Namun, sudah tahu belum apa itu sunroof dan kegunaannya?

Sunroof adalah panel yang terpasang di bagian atap mobil dan dapat dibuka secara mekanik ataupun manual. Fungsi panel ini seperti jendela, namun terpasang di bagian atap.

Sunroof merupakan salah satu panel mobil yang berfungsi agar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam kabin, terutama ke bagian penumpang.

Panel bodi satu ini awalnya terbuat dari bahan yang sama degan bodi mobil. Namun saat ini, banyak sunroof yang sudah menggunakan kaca.

Sunroof ini memiliki teknik bukaan ke atas bodi sehingga penutupnya masih tampak. Panel ini dapat dibuka secara manual dan sudah ada yang otomatis.

Apa kelebihan dan kekurangan sunroof?

Panel bodi satu ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Sesuai namanya, panel ini memiliki kelebihan sebagai jalur masuknya sinar matahari.

Panel ini juga sebagai jalan masuknya udara segar, selain dari jendela samping. Panel ini juga menjadi pilihan jika kita ingin melihat ke arah langit tanpa ingin merasakan panasnya sinar matahari.

Panel sunroof in juga memiliki kekurangan lho, salah satunya adalah dari bahan kaca, rangka, bingkai, rel, motor, dan mekanisme yang membuat beban mobil bertambah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini