Perlu Dicek saat Beli Mobil Bekas, Apa Yang Dimaksud Kaki-kaki Mobil?

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 12:43 WIB
Kaki-kaki Mobil (Sumber : Auto2000)

Kaki-kaki Mobil (Sumber : Auto2000)

LabViral.com - Kaki-kaki mobil adalah bagian paling rentan rusak dari sebuah kendaraan. Bagian ini berfungsi menstabilkan pengendalian sehingga terus bergerak selama kendaraan dijalankan. Peran dan fungsinya yang cukup sentral ini jelas ditopang oleh komponen-komponen penting seperti roda, kemudi, dan beberapa komponen lain. Komponen-komponen yang bekerja dalam satu kesatuan tersebut sangat penting untuk menunjang kebergunaan mobil sebagai kendaraan itu sendiri.

Karena rentan rusak, pemilik kendaraan wajib mengetahui apa saja tanda-tanda kalau kaki-kaki mobil sudah tidak normal. Berikut beberapa tanda yang harus diwaspadai pemilik kendaraan terkait kerusakan kaki-kaki mobil miliknya, dilansir dari Auto2000.

1. Arah roda berubah 

Salah satu cara untuk mengetahui kaki-kaki mobil rusak adalah dengan melihat arah pergerakan roda. Kalau saat berkendara kamu merasakan roda tak stabil, bergerak ke kiri dan kanan, serta mobil terasa melayang diikuti setir yang terasa liar, maka artinya fungsi tie rod mobil sudah rusak. Perlu diketahui, pada mobil dengan sistem kemudi rack and pinion, bagian tie rod end dan long tie rod adalah komponen yang paling gampang terganggu.

2. Tapak ban terkikis 

Tapak ban terkikis bisa jadi salah satu tanda kalau kaki-kaki mobil rusak. Seringnya, permukaan tapak ban terkikis tidak merata (bergelombang searah dengan putaran roda) disebabkan oleh rusaknya shockbreaker. Selain berpengaruh pada fungsi ban, kerusakan shockbreaker juga menyebabkan rembesan oli menetes ke luar dari komponen tersebut. 

Cara mengetahui kaki-kaki mobil rusak di bagian shockbreaker adalah dengan menggenjot ujung kap mesin atau bagasi mobil beberapa kali menggunakan tangan. Kalau mobil hanya berayun sekali setelah tekanan tangan dilepaskan dari kap, itu tandanya shockbreaker masih baik. Namun, kalau mobil sampai berayun beberapa kali, maka sudah pasti shockbreaker rusak dan perlu diganti. 

3. Timbul bunyi dan roda bergoyang 

Pernah merasakan roda mobil kurang stabil dan bergoyang saat melintasi jalan bergelombang dan berlubang? Kalau memang iya, itu berarti salah satu tanda kaki-kaki mobil bermasalah terdapat pada salah satu komponen kaki mobil, yaitu pada bagian ball joint. Ketika ball joint sudah afkir, maka gejala awal yang terdeteksi adalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek dan roda bergoyang saat di jalanan tak rata. Getaran pada roda ini juga bisa merembet ke bagian lingkar setir yang ikut tidak stabil. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini