Tak Diduga, Ini 4 Penyebab Rusaknya Aki Mobil

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 13:04 WIB
Ilustrasi Aki Mobil (Sumber : nissan.co.id)

Ilustrasi Aki Mobil (Sumber : nissan.co.id)

LabViral.com - Aki merupakan bagian krusial dalam sebuah mobil yang bertugas sebagai sumber tenaga untuk menghidupkan mesin. Kerusakan pada aki akan membuat mobil tidak bisa distarter dan memaksa pemilik mobil untuk memperbaiki atau bahkan menggantinya.

Nah, apa saja kondisi yang bisa membuat sebuah aki mobil menjadi rusak? Berikut penjelasan yang dilansir dari Daihatsu.

1. Mobil Jarang Digunakan

Salah satu hal yang menjadi penyebab utama aki soak adalah mobil yang jarang digunakan. Mobil yang lama tidak digunakan membuat mesin tidak memanas. Secara otomatis, aki tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas kinerja aki akan kurang maksimal. Lama kelamaan, aki menjadi tekor dan kendaraan sulit dihidupkan.

Satu satunya gejala kerusakan aki yang bisa dideteksi sebagai akibat mobil yang jarang digunakan, adalah semua komponen listrik tidak menyala dengan sempurna. Untuk menghindari hal demikian, selalu panaskan mobil meski tidak  sedang bepergian. Panaskan mobil setidaknya satu kali seminggu agar asupan tegangan listrik ke aki bekerja optimal.

2. Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Melakukan modifikasi mobil memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun siapa sangka jika hal demikian dapat menjadi penyebab aki mobil tekor. 

Beberapa orang memang sering menambahkan aksesoris mobil tanpa memperhatikan kapasitas dari aki mobil. Akibatnya, kekuatan aki akan berkurang dan tidak optimal untuk menghidupkan mesin.  Salah satu aksesoris yang dapat menyita tenaga aki adalah sistem audio. Perlu Anda ketahui, sistem audio membutuhkan daya listrik yang besar.

Sebenarnya, boleh boleh saja jika ingin menambahkan sistem audio. Namun, perhatikan terlebih dahulu kekuatan aki yang terdapat pada mobil. Jika sistem audio berkapasitas besar dibiarkan saja, lama kelamaan aki akan tersedot habis. Hal inilah yang menjadi penyebab aki mengalami aus atau soak. Akibatnya, mobil jadi sulit distarter.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini