Motor Manual Ganti Giginya Susah? Begini Solusinya!

Yowan R
Senin 27 Maret 2023, 13:06 WIB
Ilustrasi mengendarai motor kopling manual (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi mengendarai motor kopling manual (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Para pengguna motor transmisi manual seperti motor bebek dan motor sport, pasti pernah mengalami kondisi dimana motornya sulit untuk oper gigi. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas berkendara, karena motor manual wajib oper gigi untuk menyesuaikan kondisi jalan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Kopling Manual Sepeda Motor

Motor manual yang sulit oper gigi ini biasanya menandakan jika kampas koplingnya sudah aus. Kondisi tersebut ditandai saat menarik tuas kopling dan melakukan oper gigi namun gigi tetap tidak mau masuk, karena kampas koplingnya sudah tidak mampu mencengkeram plat kopling dengan baik.

Ilustrasi bagian kopling sepeda motor manual transmisiIlustrasi bagian kopling sepeda motor manual transmisi

Sedangkan pada motor bebek yang tidak menggunakan kopling manual, oper gigi yang keras bisa disebabkan karena kampas gandanya yang aus atau kampas koplingnya yang aus.

Tapi, selain dari penyebab yang sudah ditulis diatas, masih terdapat kemungkinan lain yang menyebabkan oper gigi menjadi keras. Penyebab tersebut adalah setelan kopling yang tidak sesuai dengan standar pabrik.

Baca Juga: Nggak Perlu Bingung, Begini Cara Merawat Transmisi Motor Manual Supaya Awet!

Jadi, saat motor yang kamu miliki sulit untuk oper gigi hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan penyetelan kopling. Jika sudah dilakukan penyetelan namun tetap sulit untuk oper gigi, barulah masuk untuk melakukan pemeriksaan pada komponen kopling seperti kampas koplingnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini