Efeknya Bahaya, Ini Ciri-ciri Oli Mobil Habis

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 14:54 WIB
Ilustrasi oli mobil yang sedang diganti oleh montir (Sumber : Unsplash)

Ilustrasi oli mobil yang sedang diganti oleh montir (Sumber : Unsplash)

LabViral.com - Ada beberapa ciri-ciri oli mobil habis dan harus segera kamu ganti, salah satunya adalah mobil kamu menempuh jarak kurang lebih 4.000 kilometer. Namun ada beberapa ciri lain yang mengindikasikan perlunya kamu membawa mobil ke bengkel untuk segera ganti oli.

Apa saja itu? Berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lampu indikator menyala

Untuk memudahkan para pemilik dan pengguna mobil, produsen mobil sudah memberikan tanda yang jelas yang ada di dashboard mobil kamu. Apabila oli sudah menipis, lampu indikator oli mesin akan menyala. Itu artinya kamu harus segera ke bengkel mobil dan ganti oli mesin mobil kamu.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Oli Mobil?

2. Suara mesin terdengar kasar

Suara mesin terdengar kasar saat dihidupkan? Hal ini merupakan tanda oli akan habis dan harus segera diisi kembali. Oli berfungsi melumasi komponen-komponen pada mesin mobil. Ketika oli sudah menipis apalagi habis, komponen akan bergesekan dengan sangat kasar hingga mengeluarkan suara yang kasar.

3. Mesin mobil sulit dihidupkan

Oli yang habis juga membuat mesin mobil sulit dihidupkan. Ketika kondisi ini terjadi, segera bawa mobil kamu ke bengkel agar jangan sampai mobil kesayanganmu mati total.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini