4 Jenis Esport: Bukan Cabang Olahraga Sembarangan!

Annisa Fadhilah
Selasa 28 Maret 2023, 01:34 WIB
Game simulator Traffic Rider (FOTO: Gamespedia)

Game simulator Traffic Rider (FOTO: Gamespedia)

LABVIRAL.COM - Olahraga pada jaman sekarang tak hanya bisa dilakukan di lapangan atau di area outdoor. Ada sebuah olahraga yang membuat pemainnya bisa melakukannya sambil duduk, tapi harus memenuhi syarat tertentu agar bisa memainkannya. Olahraga itu disebut Esport. 

Pengertian Esports sendiri adalah permainan game digital yang memenuhi syarat sebagai olahraga. Syarat sebuah game dapat dimasukan dalam golongan Esports ada beberapa point.

Syarat game digital jadi Esports setidaknya memiliki unsur strategi dalam menjalankannya dan memiliki batasan waktu yang jelas dalam pertandingannya.

Cabang olahraga Esport di Indonesia sendiri diatur oleh lembaga khusus yaitu Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), dinaungi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Jenis-jenis olahraga dalam Esports ada beragam, pengklasifikasiannya dilihat dari: 

  1. Berapa banyak game digital dapat dimainkan. 
  2. Jenis permainannya dimana mencakup permainan kartu hingga pertarungan. 

Jenis-jenis Esport

Supaya lebih jelas, berikut jenis-jenis Esport yang harus diketahui oleh pemula. 

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

MOBA atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai arena pertarungan daring multipemain merupakan salah satu jenis Esports. Dalam Esports jenis MOBA, ciri khasnya adalah memiliki misi untuk menghancurkan objek utama lawan. Jika dapat menghancurkan objek utama lawan maka dinyatakan menang. Jenis Esports ini dimainkan secara berkelompok, dimana satu tim terdiri dari lima orang.

Aturan Esports jenis MOBA biasanya mewajibkan anggota tim memiliki tugas masing-masing, seperti penyerang, menyerang jarak dekat, penyerang jarak jauh, dan ada yang fokus terhadap pertahanan. Contoh Esports jenis MOBA adalah League of Legends, Dota 2, Mobile Legends, dan Vainglory.

First Person Shooter (FPS)

FPS atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai permainan tembak-menembak sudut pandang orang pertama. Sesuai dengan namanya, Esports jenis FPS ini menggunakan sudut pandang orang pertama. Di mana menjadikan pemain pertama sebagai karakter utama. Karakter dalam permainan ini akan membawa alat tempur, seperti senjata api, pisau, granat, dan sebagainya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini