Mau Nyalain Mesin Mobil Matic? Jangan Lewatkan 4 Langkah Ini

Yusuf Tirtayasa
Senin 27 Maret 2023, 16:12 WIB
Ilustrasi mobil penggerak semua roda atau 4 WD (Sumber : Auto2000)

Ilustrasi mobil penggerak semua roda atau 4 WD (Sumber : Auto2000)

LabViral.com - Masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar kini cenderung memilik mobil bertransmisi otomatis atau biasa disebut mobil matic. Mobil matik memiliki pengoperasian yang mudah dan tidak membuat pegal karena hanya memiliki dua pedal yakni gas dan rem. Hal tersebut membuat nyaman ketika harus bermacet-macetan.

Meski demikian, mobil ini memiliki cara khusus dalam pengoperasiannya, terutama saat menyalakan mesin untuk pertama kalinya. Cara-caranya sebagai berikut.

1. Posisikan Tuas Transmisi di P

Pertama yang wajib dilakukan sebelum menyalakan mesin mobil matik adalah memeriksa posisi tuas transmisi di titik P. Posisi ini berarti posisi gearbox untuk parkir. Tujuan posisi tuas transmisi di titik P ini adalah supaya mobil tidak tiba-tiba melaju. Jadi mobil akan tetap aman.

Hal tersebut wajib dilakukan pada mobil matic lawas, sebab biasanya belum dilengkapi teknologi auto lock. Mobil-mobil matic keluaran terbaru sudah dibekali teknologi yang jika tuas transmisi di "P" tidak akan menyala.

2. Injak Pedal Rem

Langkah kedua setelah itu adalah menginjak pedal rem. Langkah ini di beberapa mobil sebagai tombol "On" pada mobil.

Langkah ini adalah bentuk safety tambahan yang banyak diberikan oleh pabrikan mobil. Fungsinya juga sama agar mobil tidak tiba-tiba melaju. Hampir mobil matic harus melakukan langkah ini, baik itu mobil matic keluaran terbaru maupun sudah tua.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Mobil Matic Agar Performa Prima

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini