Balancing Velg Motor, Sepenting Apa Sih?

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 01:42 WIB
Pelek menjadi komponen penting dalam sistem kendaraan roda dua.

Pelek menjadi komponen penting dalam sistem kendaraan roda dua.

LABVIRAL.COM, Pelek menjadi komponen penting dalam sistem kendaraan roda dua. Pelek yang masih normal akan membuat perjalanan menjadi nyaman.

Sebaliknya, kondisi pelek bermasalah akan berpengaruh ke kenyamanan berkendara juga pemakaian ban. Balancing menjadi salah satu upaya merawat pelek. Lalu, seberapa pentingkah balancing pelek motor?

Jawabannya adalah balancing ban itu perlu, terutama buat untuk sepeda motor yang sudah menggunakan pelek lebar.

Baca Juga: Mengenal Tiga Jenis Pelek Mobil, Mana yang Paling Murah?

Bahkan bisa dibilang balancing ban sangat dianjurkan untuk motor yang sudah pakai pelek lebar, seperti pelek yang dipakai oleh motor sport dan matic 150 cc, 250 cc atau motor gede.

Dilansir dari federaloil.co.id, apa yang terjadi jika ban motor tidak balance? Pada kecepatan rendah sampai sedang memang tidak akan terlalu terasa masalahnya. 

Nah, masalah baru terasa saat sepeda motor dipacu dengan kecepatan tinggi, ban akan terasa kurang stabil dan bergetar, sehingga berkendara menjadi kurang nyaman.

Baca Juga: 5 Penyebab Pudarnya Warna pada Bodi Motor, Kamu Pasti Sering Menyepelekannya

Apa bedanya balancing ban motor dengan ban mobil?

Pada prinsipnya, balancing ban motor tidak jauh beda dengan balancing ban mobil. Sedikit perbedaannya adalah balancing ban motor  yang biasa dilakukan adalah Static, artinya hanya di satu titik saja, yaitu titik keseimbangan. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini