Sayang Motor, Ini 4 Rekomendasi Busi Terbaik untuk Motormu

Bonifasius Sedu Beribe
Minggu 12 Maret 2023, 18:32 WIB
Busi adalah perangkat sistem pengapian sepeda motor yang berguna untuk mengubah tekanan listrik yang berasal dari koil menjadi percikan api untuk membakar bensin yang sudah dikompresi

Busi adalah perangkat sistem pengapian sepeda motor yang berguna untuk mengubah tekanan listrik yang berasal dari koil menjadi percikan api untuk membakar bensin yang sudah dikompresi

LABVIRAL.COM, Busi adalah perangkat sistem pengapian sepeda motor yang berguna untuk mengubah tekanan listrik yang berasal dari koil menjadi percikan api untuk membakar bensin yang sudah dikompresi. Seperti yang diketahui tanpa adanya busi pada motor mustahil untuk menghidupkannya. Agar performa motormu maka harus lebih bisa memilih busi yang baik untuk motormu.

Tak hanya memilih busi yang  baik, perawatannya pun wajib kamu lakukan agar masa pakainya bisa panjang dan tidak perlu gonta ganti busi. Nah apabila busi sudah rusak, kita harus segara menggantinya. Ada beberapa tipe busi yang bisa kamu pilih. Oleh karena itu jangan asal membeli busi baru, karena harus disesuaikan dengan spesifikasi serta jenis motornya.

Ingin tahu lebih banyak? Berikut rekomendasi harga busi untuk motor kesayanganmu yang sudah disusun Tim Labviral.com.

Busi Standar

Busi dengan jenis standar cocok untuk motor jenis standar juga seperti motor yang tidak pernah melakukan bore up dan lain sebagainya. Busi yang dibanderol dengan harga Rp 9.200 merek NGK JP CPR6EA9 hingga Rp 17.500 merek Denso U24EPR-9 ini tidak cocok untuk motor yang telah dioprek.

Jika kamu memenuhi syarat pemakaian, maka busi ini mampu bertahan sampai motor menempuh jarak 20.000 km.

Busi Platinum

Busi dengan jenis platinum memiliki ciri khusus yakni elektrode busi terbuat dari bahan nikel dan pada bagian center electrode atau elektroda tengahnya terbuat dari bahan platinum sehingga membuat busi jenis ini tahan terhadap pengaruh panas.

Busi yang dibanderol dengan harga Rp 23.000 hingga Rp 26.000 merek NGK ini biasanya digunakan para pengendara yang suka touring.

Busi Racing

Busi dengan jenis racing memang dibuat dan dirancang khusus untuk motor racing atau balap, busi ini dari bahan yang tahan terhadap kompresi mesin yang tinggi. Biasanya busi racing memiliki bentuk center elektroda yang sangat runcing, bahkan menyerupai jarum yang bertujuan untuk lebih memfokuskan pengapian agar mesin dapat performa yang terbaik.

Untuk menggunakan busi jenis racing ini kamu perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 55.000 merek Brisk Cooper hingga 250.000 merek Brisk Racing AR10ZS.

Busi Iridium

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini