Pasang Ban Tubeless di Velg Jari-jari, Bisa Ya?

Bonifasius Sedu Beribe
Selasa 28 Maret 2023, 06:12 WIB
Penggunaan ban tubeless pada velg jari-jari ternyata bisa loh. Hanya saja memerlukan cara khusus agar angin dari ban nggak gampang keluar.

Penggunaan ban tubeless pada velg jari-jari ternyata bisa loh. Hanya saja memerlukan cara khusus agar angin dari ban nggak gampang keluar.

LABVIRAL.COM, Banyak pemilik sepeda motor yang bingung, karena mereka ingin menggunakan ban tubeless namun velg motornya masih model jari-jari. Lalu, apa bisa ban tubeless dipasang di velg jari-jari? Begini jawabannya.

Penggunaan ban tubeless pada velg jari-jari ternyata bisa loh. Hanya saja memerlukan cara khusus agar angin dari ban nggak gampang keluar melalui celah-celah dari velg jari-jari.

Baca Juga: Ban Tubeless Dipakaikan Ban Dalam, Apa Jadinya?

Pengaplikasian ban tubeless pada velg jari-jari ini perlu menggunakan potongan ban dalam motor untuk ditempelkan ke velg jari-jari. Tujuan menempelkan potongan ban dalam ini adalah untuk menutup celah dari lubang jari-jari velg agar anginnya tidak keluar.

Ban dalam yang bisa kamu gunakan ini, bisa menggunakan ban dalam motor matic yang berdiameter 14 inci. Karena, ban tersebut lebih mampu merekat pada velg jari-jari dengan diameter 17 inci. Intinya, usahakan untuk menggunakan ban dalam yang diameternya lebih kecil dari velg.

Selain itu, kamu bisa menggunakan sealant. Sealant ini berfungsi juga untuk menutup celah-celah pada velg jari-jari agar angin tidak keluar. Caranya pun cukup mudah. Kamu cukup mengoleskan lem tersebut pada bagian tengah velg jari-jari. Kemudian, pastikan lubang pentil tidak tertutup lem tersebut.

Baca Juga: Cara Rawat Ban Tubeless Motor Biar Panjang Umur

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan manset ban. Manset ban ini merupakan karet khusus untuk menutup lubang jeruji pada velg jari-jari. Selain mampu menutup lubang, manset juga berguna untuk menutupi bagian velg yang sudah berkarat. Harga manset ban ini hanya berkisar Rp20 ribuan saja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini