Banyak Pecinta Balap Belum Tahu Soal Pit Box, Pit Lane dan Pit Crew

Bonifasius Sedu Beribe
Minggu 12 Maret 2023, 21:54 WIB
MotoGP menjadi salah satu ajang olahraga yang mempunyai tingkat risiko tinggi dan berbahaya, karena motor yang digunakan akan dipacu hingga lebih 300 km/jam.

MotoGP menjadi salah satu ajang olahraga yang mempunyai tingkat risiko tinggi dan berbahaya, karena motor yang digunakan akan dipacu hingga lebih 300 km/jam.

LABVIRAL.COM, Pencinta balap MotoGP pasti sudah tidak asing dengan sebutan Pit Box, Pit Lane dan juga Pit Crew. Namun tidak sedikit juga, banyak yang masih awam dan bikin bingung dengan istilah-istilah di dalam dunia balapan bergengsi tersebut.

Istilah-istilah di balap motor memiliki banyak kemiripan seperti Pit Box, Pit Lane, dan Pit Crew. Tapi, kalau didalami, ternyata makna dan fungsinya beda banget. Setiap nama tersebut bahkan diikat dengan tata cara dan regulasi yang berbeda juga.

Biar enggak pada bingung, berikut makna yang dimiliki Pit Box, Pit Lane, hingga Pit Crew dirangkum Labviral.com dari astra-honda.com:

Pit Box

Pit Box adalah ruangan berdimensi kotak (box) yang berfungsi sebagai garasi sementara dengan akses langsung ke pit lane dan didesain untuk suatu tim yang berpartisipasi. Di dalam Pit Box hanya terdapat motor balap, pebalap , mekanik dan sebagian kecil part kebutuhan balap.

Ini adalah daerah paling privasi bagi sebuah tim. Karena rahasia tim ada di dalam Pit Box ini. Jadi, jangan sekali-kali kita melangkah masuk ke area ini jika tidak ingin berurusan dengan tim dan panitia balapan. Sangsinya, bisa dikeluarkan dari area paddock. Ketika ada ubahan part motor atau merancang strategi, biasanya pintu Pit Box model rolling door ditutup oleh tim. Agar segala riset tidak terekspos keluar.

Pit Lane

Lajur akses yang biasanya berbatasan dengan main straight pada sirkuit dan berada di antara pit box dan sirkuit. Saat balapan akan dimulai, area ini menjadi area paling sibuk. Lalu lintas motor balap yang keluar, pit crew dan para jurnalis.

Pembalap yang sedang melewati area ini tidak boleh asal kebut, karena kecepatan dibatasi maksimal 60km/jam. Makanya, harus ekstra hati-hati saat berjalan di area ini agar tidak tertabrak motor.

Pit Crew

Pit Crew dapat dibilang sebagai manjamen tim, mekanik sekaligus asisten para pembalap. Mereka bekerja sesuai bidangnya masing-masing. Dari urusan sasis, mesin, elektrikal hingga keperluan pebalap. Para pit crew ini pun diikat dengan regulasi ketat saat berada di dalam pit box. Mulai menunjukkan identitas tim dengan jelas, hingga wajib memakai helm saat bertugas di area Pit.

Itu dia makna yang dimiliki Pit Box, Pit Lane hingga Pit Crew, apakah sudah menjawab pertanyaanmu?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini