Cara Mengenali Busi Mobil yang Perlu Diganti

Yusuf Tirtayasa
Selasa 28 Maret 2023, 12:41 WIB
Ilustrasi busi mobil (Sumber : Instagram.com/ hurricanexcs_motorsport_jkt)

Ilustrasi busi mobil (Sumber : Instagram.com/ hurricanexcs_motorsport_jkt)

LabViral.com - Busi adalah komponen penting pada mesin mobil sebab tugasnya di sektor pengapian. Jika bagian ini tidak dapat berfungsi, maka mesin tidak akan menyala.

Busi juga salah satu part yang memiliki life time atau masa pakai sehingga kemampuannya akan menurun seiring dengan penggunaan. Nah untuk mengetahui bagaimana kondisi busi, bisa dikenali dari lima ciri-ciri di bawah ini.

1. Susah di-starter

Ciri pertama yang menandakan busi harus diganti adalah mesin susah di-starter. Hal itu karena pengapian sudah berkurang. Tanda ini sangat bisa diketahui sebab busi adalah part mesin yang sangat berhubungan erat dengan sistem starter mobil.

Busi merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian mesin mobil. Busi bertugas mengolah bahan bakar agar mesin mobil bisa hidup. Jika busi rusak, sistem pengapian akan terganggu dan bahan bakar tidak akan terolah dengan baik menjadi tenaga.

2. Mobil terasa bergetar

Ciri-ciri selanjutnya ketika busi sudah harus diganti adalah adanya getaran ketika posisi mesin idle. Getaran yang dirasakan ini berbeda dengan getaran pada mesin biasanya. Getaran ini akan terasa meskipun mobil tidak berjalan.

Baca Juga: 5 Merek Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama, Pilih Mana?

Ketika mobil dalam posisi idle, putaran mesin cenderung halus, namun hal tersebut akan terganggung jika kondisi busi perlu diganti.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini