Apa Keuntungan Memakai Busi Iridium di Mobil?

Yusuf Tirtayasa
Selasa 28 Maret 2023, 12:46 WIB
Busi iridium disebut juga disebut juga busi racing dan biasa digunakan pada mesin yang memiliki putaran mesin atau rpm tinggi. (Sumber : Auto2000)

Busi iridium disebut juga disebut juga busi racing dan biasa digunakan pada mesin yang memiliki putaran mesin atau rpm tinggi. (Sumber : Auto2000)

LabViral.com - Busi mobil hingga kini sudah sangat berkembang jenisnya, mulai dari busi biasa, platium, hingga yang terbaru adalah iridium. Busi iridium disebut juga disebut juga busi racing dan biasa digunakan pada mesin yang memiliki putaran mesin atau rpm tinggi. Jenis busi ini termasuk busi dingin.

Busi ini mampu menghasilkan akselerasinya lebih agresif daripada kedua jenis busi lainnya. Secara bentuk, busi ini memiliki bentuk elektroda meruncing. Bagian elektroda busi ini terbuat dari material iridium yang terkenal sangat tahan panas dan anti karat. Titik lelehnya bahkan diklaim mencapai 2.000 derajat celsius.

Iridium juga dikenal sebagai material logam dengan bentuk yang keras dan mampu menjadi konduktor yang baik. Lantas, apa saja keungtungan memakai busi iridium pada mesin mobil?

1. Tahan panas

Keuntungan yang pertama dan sangat jelas adalah tahan panas. Hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan memang tahan panas.

Selain tahan panas, busi iridium juga lebih fokus dalam menghasilkan percikan api, sehingga membutuhkan tegangan listrik sedikit.

Baca Juga: Simple, Begini Lho Cara Cek Api Busi Mobil Injeksi

2. Gampang di-starter

Keuntungan kedua menggunakan busi ini adalah mesin menjadi gampang dinyalakan atau di-starter. Ini karena membutuhkan tenaga listrik sedikit.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini