Nggak Ribet Bore Up dan Stroke Up, Swap Engine Bisa Bikin Motormu Lebih Kenceng

Aci
Selasa 28 Maret 2023, 20:59 WIB
Honda C70 Swap Engine Jupiter MX (Sumber : youtube.com/Sugeng Ardianto)

Honda C70 Swap Engine Jupiter MX (Sumber : youtube.com/Sugeng Ardianto)

LABVIRAL.COM - Bagi kalian para pecinta sepeda motor kencang, pasti sudah tidak asing lagi dengan modifikasi mesin sepeda motor yang dinamakan swap engine. Swap engine biasanya dilakukan para bikers pada kondisi tertentu dengan tujuan menemukan performa motor idaman mereka.

Meskipun sudah tidak asing lagi, tapi tak jarang juga bikers yang masih belum paham dan mengerti apa itu swap engine. Karena itu, Labviral.com, akan memberikan penjelasan singkat terkait swap engine sepeda motor.

Swap engine merupakan proses penggantian atau pencangkokan mesin motor ke motor lainnya. Biasanya proses ini dilakukan untuk dengan tujuan mendapatkan mesin dengan kapasitas yang lebih besar tanpa perlu melakukan Bore Up dan Stroke Up mesin.

Baca Juga: Bila Busi Mobil Tidak Sesuai Standar, Apa Yang Terjadi?

Swap engine ini juga sering dilakukan para bikers dengan tujuan meningkatkan performa motor mereka dan mendapatkan tampilan serta feel yang berbeda dari biasanya.

Meskipun lebih simple daripada bore up dan stroke up mesin sepeda motor, swap engine juga memiliki proses yang tidak sederhana dan memiliki banyak detail yang harus diperhitungkan.

Contohnya saat melakukan fitting mesin, mekanik harus menemukan center poros gir depan dan belakang agar motor memiliki performa maksimal dan tidak bermasalah untuk jangka panjang.

Baca Juga: 7 Jenis Penipuan Online yang Sering Makan Korban, Waspadai Ya!

Selain fitting mesin, melakukan swap engine juga wajib memperhatikan sektor kelistrikannya agar mesin dapat dihidupkan dengan pengapian yang sempurna.

Umumnya, swap engine ini dilakukan pada sepeda motor balap seperti drag race untuk kelas FFA, kemudian motor-motor custom untuk kebutuhan harian ataupun kontes.

Baca Juga: Motor Sport Retro Modern Irit BBM dari Benelli, Jadi Pingin Beli?

Untuk penggunaan harian swap engine ini tentunya tidak direkomendasikan karena, nomor mesinnya menjadi tidak sesuai dengan surat kendaraan dan berpotensi terkena tilang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Servis Berkala dan Tune Up, Apa Bedanya ?

Minggu 26 Maret 2023, 15:03 WIB
Servis Berkala dan Tune Up, Apa Bedanya ?
Berita Terkini