Semir Ban Bikin Ban Motor Cepat Rusak?

Aci
Selasa 28 Maret 2023, 21:04 WIB
Ilustrasi penyemiran ban motor (Sumber : youtube.com/Bang Experiment)

Ilustrasi penyemiran ban motor (Sumber : youtube.com/Bang Experiment)

LABVIRAL.COM - Agar ban motor terlihat hitam dan mengkilap seperti baru, umumnya setelah motor dicuci akan diberikan semir ban baik itu dari tempat cuci motor ataupun disemir sendiri di rumah.

Penggunaan semir ban ini juga biasanya dilakukan pada motor-motor kontes modifikasi agar ban motor terlihat lebih hitam dan mengkilap.

Tapi, banyak yang beranggapan semir ban untuk ban motor ini malah justru membuat ban menjadi lebih cepat rusak. Lalu, apakah anggapan tersebut benar, atau hanya sekedar mitos?

Baca Juga: Sebelum Beli Ban Motor, Kamu Wajib Simak Tips Berikut Ini!

Sebenarnya, penggunaan semir pada ban sepeda motor ini tidak disarankan untuk penggunaan yang intens atau sering.

Karena, semir ban yang digunakan pada ban terlalu sering dan dalam jangka waktu panjang bisa membuat ban menjadi retak-retak. Karena itu, tidak disarankan terlalu sering menyemir ban.

Selain bisa membuat ban motor menjadi retak-retak, semir ban juga kurang disarankan dari segi keamanan berkendara. Semir ban bisa membuat ban menjadi licin sehingga motor mudah tergelincir.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Ban Motor Terbaik untuk Harian Maret 2023

Karena itu, pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan semir ban setelah motor dicuci atau setiap ban terlihat kusam. Selain bisa merusak ban, penggunaan semir ban juga berbahaya untuk keselamatan pengendara. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini