Belajar Mobil Apakah Harus Manual Dulu Baru Matic?

Yusuf Tirtayasa
Selasa 28 Maret 2023, 15:27 WIB
Ilustrasi Pelat Nomor Mobil (Sumber : Pexels.com)

Ilustrasi Pelat Nomor Mobil (Sumber : Pexels.com)

LabViral.com - Belajar mobil saat ini merupakan seperti sebuah keharusan, sebab moda transportasi pribadi ini sudah cukup menjamur. Namun, timbul pertanyaan apakah pakai mobil manual atau mobil matic terlebih dahulu untuk belajar mengemudikan mobil?

Perbedaan Mobil Manual dan Matic?

Kedua mobil ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan di bagian transmisinya. Oleh karena itu berpengaruh pada cara mengemudikan.

Mobil manual memiliki transmisi yang harus dikendalikan secara manual. Pengemudi harus belajar bagaimana cara memindahkan gigi, melepas kopling, dan gas secara seirama.

Sedangkan pada mobil matic, cukup menggunakan kaki kanan untuk mengendalikan gas dan rem, tanpa perlu ada pedal kopling. Pengemudi hanya perlu mengoperasikan gas dan rem secara seimbang agar laju mobil mulus dan nyaman.

Apa Keuntungan Belajar Mobil Manual?

Bagi kebanyakan pengemudi baru, belajar mengemudi mobil manual memiliki keuntungan besar daripada kerugiannya. Dengan belajar menggunakan mobil manual, pengemudi dapat mengasah skill untuk melepas kopling dan gas secara selaras.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Bila Salah Satu Busi Mobil Mati?

Pengemudi mobil manual juga akan belajar momentum memindahkan gigi sesuai putaran mesin sembari menyelaraskan pedal gas. Selain itu, belajar mobil manual akan lebih mudah ketika menghadapi ujian Surat Izin Mengemudi. Sebab kebanyakan mobil tes adalah mobil manual.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini