Apa itu Synchromesh Pada Mobil Transisi Manual

Yusuf Tirtayasa
Selasa 28 Maret 2023, 15:29 WIB
Menggunakan kendaraan roda empat yang menggunakan transmisi manual diperlukan cara dan teknik berkendara yang tepat untuk menghasilkan kenyamanan saat perjalanan

Menggunakan kendaraan roda empat yang menggunakan transmisi manual diperlukan cara dan teknik berkendara yang tepat untuk menghasilkan kenyamanan saat perjalanan

LabViral.com - Sebagai salah satu moda transportasi, mobil memiliki ratusan bahkan hingga ribuan komponen, termasuk salah satunya adalah transmisi.

Di dalam transmisi juga terdapat berbagai macam komponen yang disatukan sehingga dapat menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Salah satu komponen yang sangat berjada pada mobil transmisi manual adalah Synchromesh. Lantas, apa itu Synchromesh?

Synchromesh adalah salah satu komponen pada transmisi yang bertugas sebagai perantara perpindahan gigi pada mobil, sehingga akan terasa halus dan nyaman untuk dipakai.

Fungsi utama syncromesh ini adalah untuk menyamakan putaran roda gigi yang berhubungan dengan sistem percepatan. Synchromesh juga terdiri dari sejumlah komponen seperti Synchro Cone, Synchro Teeth, Bearing, Sleeve & Hub, Baulk Ring, dan masing-masing gigi.

Synchromesh bertugas menyamakan kecepatan roda gigi percepatan dengan pasangannya. Synchromesh bekerja saat satu gigi diputar dari arah mesin atau input transmisi dan yang lainnya akan menjadi output transmisi.

Gigi percepatan ini harus disamakan agar kedua gigi tersebut dapat diikat atau dikaitkan dengan mudah, sehingga putaran mesin bisa diteruskan ke output tansmisi, kemudian pada ban, secara halus.

Selain lebih halus, synchromesh juga membuat perpindahan gigi pada mobil manual menjadi lebih mudah, terutama saat mobil sudah berjalan.

Hampir semua mobil bertransmisi manual keluaran terbaru sudah dibekali dengan komponen ini, namun untuk mobil keluaran lama, ada yang belum dilengkapi syncromesh.

Synchromesh juga akan berfungsi ketika posisi gigi maju saja. Oleh sebab itu, ketika akan mundur, mobil harus dalam keaadaan berhenti.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini