Ciri Aki Mobilmu Sudah Soak

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 00:22 WIB
Jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati

Jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati

LABVIRAL.COM, Aki merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Untuk itu, penting untuk mengetahui kondisinya. Apakah masih berfungsi dengan baik, atau sebaliknya. Aki yang tidak berfungsi dengan baik, akan menyebabkan beberapa masalah pada mobil, yang tentunya akan sangat merugikan.

Nah, berikut ini Labviral.com menjelaskan ciri aki yang bermasalah, agar kamu dapat mengantisipasinya agar mobilmu tetap aman dan nyaman. Yuk, disimak!

Baca Juga: Yuk Cek Kondisi Aki Mobil Masih Layak atau Sudah Soak dengan 3 Tips Mudah

Lampu indikator aki menyala

Lampu indikator menjadi simbol pertama yang akan memberi tahu kamu, bila terjadi sesuatu kerusakan pada mobilmu. Saat memutar kunci kontak dalam kondisi normal, maka lampu-lampu indikator akan menyala. Sebaliknya, jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati.

Ketika lampu indikator aki mobil menyala namun mobil masih bisa dihidupkan, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan terkait komponen tersebut.

Baca Juga: Berapa Biaya Perawatan Kaki-kaki Mobil? Ini Gambarannya

Mobil sulit dihidupkan

Aki yang tidak berfungsi dengan baik, akan membuat mesin mobil susah untuk hidup. Selain itu, mobil juga akan mudah ngadat juga membuat bunyi 'cetak-cetek' saat kunci mobil diputar ke posisi start. Bahkan pada kondisi terburuk, tidak terdapat bunyi sama sekali saat kunci kontak mobil diputar.

Baca Juga: Penting Banget, Begini Cara Mengetahui Berapa Ampere Aki Mobil dari Kode

Suara klakson melemah

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menekan klakson. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, akan mengakibatkan suara klakson melemah bahkan tidak bersuara sama sekali. Ingat ya suara klakson merupakan bagian penting, karena klakson berhubungan dengan keselamatan. Untuk itu, saat suara klakson melemah atau tidak berfungsi maksimal, segera perbaiki segala penyebabnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini