4 Fakta Ban MotoGP Pasokan Michelin, Kamu Pasti Belum Tahu!

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 04:52 WIB
Sebenarnya, ban MotoGP itu berbeda loh riders. Karena ban didesain berdasarkan karakteristik sirkuit dan bahan dari pembuatan ban pun juga berbeda mengikuti tingkat suhu dan abrasif sebuah sirkuit

Sebenarnya, ban MotoGP itu berbeda loh riders. Karena ban didesain berdasarkan karakteristik sirkuit dan bahan dari pembuatan ban pun juga berbeda mengikuti tingkat suhu dan abrasif sebuah sirkuit

LABVIRAL.COM, Untuk masyarakat awam jika melihat ban MotoGP, pasti seperti biasa saja bukan? Namun sebenarnya, ban MotoGP itu berbeda loh riders. Karena ban didesain berdasarkan karakteristik sirkuit dan bahan dari pembuatan ban pun juga berbeda mengikuti tingkat suhu dan abrasif sebuah sirkuit.

Penasaran bukan apa saja sih fakta dibalik ban MotoGP? Yuk, cek temuan Labviral.com berikut ini:

1. Dipasok oleh Michelin

Hingga saat ini, ban resmi ajang balap MotoGP dipasok oleh Michelin sejak tahun 2016. Pabrikan asa Prancis ini akan memasok ban tunggal di ajang MotoGP hingga tahun 2026.

Ban yang diproduksi pun berbeda dengan biasanya, karena ban dioptimalkan senyawanya untuk mencapai keseimbangan sempurna antara daya tahan dan cengkraman.

2. Ban untuk cuaca berbeda

Terdapat dua jenis ban dalam ajang bergengsi MotoGP yaitu ban slick atau botak dan ban hujan. Untuk ban slik atau botak ini digunakan dalam kondisi sirkuit yang kering dengan tiga kompon didalamnya yaitu kompon lunak, sedang, dan keras. Sedangkan untuk ban hujan digunakan dalam kondisi sirkuit yang basah dengan menggunakan dua kompon didalamnya yaitu lunak dan sedang.

Ban slik atau botak didesain licin dan botak. Tujuannya agar permukaan ban lebih banyak yang menempel ke aspal. Maklum, ban adalah satu-satunya titik kontak sepeda motor dengan aspal. Dan ini berarti bahwa semua gaya yang dihasilkan oleh mesin, rem , perpindahan berat, dan gerakan pengendara ditransmisikan ke aspal melalui permukaan kontak minimalnya.

Sedangkan ban hujan, mirip ban motor harian. Terdapat kembangan. Tujuannya, membuang air saat motor melibas genangan air. Tanpa jalur pembuangan air, motor bakal tergelincir. 

3. Suhu sirkuit

Dalam memilih ban untuk MotoGP merupakan sebuah permasalahan yang kompleks. Karena bukan hanya sekedar cuaca sedang hujan ataupun terik, namun terdapat salah satu faktor yang mempengaruhi ban tersebut yaitu suhu lintasan yang beragam di setiap sirkuit. Agar para pengendara MotoGP dapat melaju dengan baik, maka para teknisi Michelin pun bertanggung jawab mengukur suhu aspal dan juga ban dengan metode khusus.

4. Jumlah Tikungan

Menurut variasi geometrinya, ban motor MotoGP dibedakan menjadi dua yaitu ban simetris dan asimetris. Simetris merupakan ban yang sisi kanan dan kirinya sama rata tanpa adanya perbedaan. Sedangkan asimetris yaitu kebalikannya, sisi kanan dan kirinya berbeda dengan menggunakan kompon ban yang lebih keras disalah satu sisinya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ban Motor MotoGP Selalu Botak, Kenapa Ya?

Minggu 12 Maret 2023, 22:15 WIB
Ban Motor MotoGP Selalu Botak, Kenapa Ya?
Berita Terkini