Tutup Air Radiator Itu Penting Dirawat Loh Bro!

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 00:48 WIB
Tutup air radiator berperan penting dan harus selalu dijaga agar tidak rusak dan menimbulkan beragam kerusakan lainnya

Tutup air radiator berperan penting dan harus selalu dijaga agar tidak rusak dan menimbulkan beragam kerusakan lainnya

LABVIRAL.COM, Kamu tentu tidak asing lagi dengan salah satu komponen yang ada didalam kendaraan bermotor, yakni air radiator. Yups, air radiator sendiri memiliki tutup yang sangat berperan penting pada komponen tersebut.

Kenapa bisa begitu? Tutup air radiator berperan penting dan harus selalu dijaga agar tidak rusak dan menimbulkan beragam kerusakan lainnya. Tutup air radiator sendiri memiliki beberapa komponen lain di dalamnya, yaitu yaitu vacuum valve, relief valve, dan karet tutup radiator.

Sebenarnya, fungsi utama dari tutup radiator adalah untuk menjaga tekanan ideal yang berada pada mesin kendaraan. Letaknya tentu saja di mulut radiator (mesin).

Baca Juga: Ciri Tutup Air Radiator Rusak, Ketahui Juga Efek dan Bahayanya

Untuk cara kerjanya, air radiator akan menyetel sistem pendingin supaya bisa seimbang dan tidak menyebabkan kebocoran air. Jadi ketika suhu sangat panas, tutup akan membuka katupnya, kemudian membuang tekanan ke reservoir radiator. Begitu juga sebaliknya. Jika tekanan tinggi, maka penutup akan membuka vacuum valve supaya bisa menambah tekanan dan menjaganya supaya tetap ideal.

Maka, kamu harus selalu merawat tutup air radiator, agar selalu prima dan tidak rusak. Berikut ini, Labviral.com akan memberi tahu kamu cara merawat tutup air radiator. Yuk, check this out!

Baca Juga: Kipas Radiator Mati, Yuk Perbaiki Sendiri Aja

Cara merawat tutup air radiator

Mengingat ternyata fungsi tutup radiator cukup krusial dalam menjaga performa kendaraan, salah satu perawatannya adalah dengan tidak sembarangan membuka tutup radiator yang kondisinya panas karena uap yang menyembur keluar bisa merusak.

Selain itu juga, jangan sering membukanya karena bisa membuatnya lebih longgar. Perhatikan karet yang berada di atas katup vakum penutup, apakah masih elastis atau tidak. Jika tidak, memang sudah waktunya diganti.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Kipas Radiator Mati, Kenapa?

Minggu 26 Maret 2023, 19:24 WIB
Kipas Radiator Mati, Kenapa?
Berita Terkini