4 Tips Pilih Ban Motor Yamaha, Bingung Pilih Ban yang Benar?

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 00:59 WIB
Ban motor sendiri memiliki fungsi seperti menahan beban motor, memindahkan putaran menjadi gerakan maju, hingga menjaga dan mengubah arah kendaraan

Ban motor sendiri memiliki fungsi seperti menahan beban motor, memindahkan putaran menjadi gerakan maju, hingga menjaga dan mengubah arah kendaraan

LABVIRAL.COM, Sebelum menggunakan sepeda motor, sebaiknya kamu memperhatikan ban motormu dulu. Kenapa demikian? Karena ban motor merupakan salah satu komponen penting yang berperan meningkatkan traksi roda pada jalan. Selain itu, ban juga bisa meredam getaran ketika berkendara.

Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu), Muslian, menjelaskan bahwa ban motor memiliki fungsi sangat penting dalam berkendara.

“Perlu dipahami juga mengenai peran ban serta cara memilih ban sepeda motor. Kami memberikan beberapa penjelasan dan informasi mengenai hal itu, yang dapat menjadi masukan bagi konsumen,” kata Muslian dalam rilis resminya kepada Labviral.com.

Baca Juga: Ganti Ban Motor Tak Sesuai Ukuran, Jangan Deh Bro!

Ban motor sendiri memiliki fungsi seperti menahan beban motor, memindahkan putaran menjadi gerakan maju, hingga menjaga dan mengubah arah kendaraan. Maka dari itu, sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih ban.

Berikut 4 tips memilih ban motor yang cocok dan benar versi Yamaha:

Ban Tubeles dan Ban Dalam

Langkah pertama yang harus kamu ketahui dalam memilih ban motor adalah jenisnya. Kamu bisa memilih untuk menggunakan ban tubeless atau ban dalam. Yang terpenting, kamu harus mengetahui perbedaannya.

Ban Tubeless tidak menggunakan ban dalam dan tidak mudah bocor saat terkena benda tajam. Sedangkan penggunaan ban dalam lebih cocok digunakan pada velg Cast Wheel (CW) dan Spoke Wheel (SW).

Baca Juga: Cara Baca Kode Ban Motor yang Rumit Itu

Ban Radial dan Ban Bias

Pengguna sepeda motor juga harus mengetahui perbedaan ban radial dengan ban bias. Ban radial merupakan tipe ban yang menggunakan lapisan dan memiliki konstruksi kuat untuk grip. Selain itu, bobot ban juga lebih ringan dan umurnya lebih panjang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Semir Ban Bikin Ban Motor Cepat Rusak?

Selasa 28 Maret 2023, 21:04 WIB
Semir Ban Bikin Ban Motor Cepat Rusak?
Berita Terkini