Gagal Ujian SIM C, Boleh Ulang Beberapa Kali?

Aci
Rabu 29 Maret 2023, 07:34 WIB
Ilustrasi: Prosedur pembuatan SIM C (Sumber : bali.polri.go.id)

Ilustrasi: Prosedur pembuatan SIM C (Sumber : bali.polri.go.id)

LABVIRAL.COM - Belakangan ini muncul perdebatan soal gagal ujian surat izin mengemudi yang boleh mengulang di hari sama.

Netizen menganggap bahwa mereka bisa saja mengulang berkali-kali sampai lulus pada hari tersebut.

Hal ini pun memancing reaksi. Sebab, kalau berulang kali sampai lulus bisa jadi membuat antrean di belakangnya tidak kebagian waktu untuk ujian pada hari itu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dir Regident) Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Yusri Yunus mencoba meluruskan soal pelaksanaan ujian praktik pembuatan SIM C diberi keringanan mengulang.

Baca Juga: Golongan SIM dan STNK Kendaraan Listrik Bakal Diatur Sesuai kWh

Bolehkah berkali-kali mengulang?

Memang kepolisian mengizinkan untuk peserta ujian mengulang di hari yang sama bagi yang gagal. Peserta diberikan kesempatan beberapa kali untuk bisa mencoba kembali di hari yang sama.

"Berulang kali ini jangan diartikan sampai dia berhasil lulus ya, mereka bisa mencoba dengan aturan yang sudah ada, ya maksimal itu dua atau tiga kali," kata Yusri Yunus dikutip dari Antara.

Baca Juga: 6 Game Simulator di HP Untuk Belajar Menyetir Mobil

Menurut Yusri, jika pemohon pembuat SIM diberikan kebebasan untuk mencoba berulang kali hingga mereka mendapat cap lulus dalam ujian praktik, akan menghambat antrean pemohon SIM yang lainnya.

Ada sejumlah faktor yang menurut Yusri menjadi penyebab orang tidak lulus dalam ujian praktik, salah satu yang paling sering terjadi adalah rasa cemas atau grogi.

"Ya kalau kita berikan sampai dia lulus, misal dia baru lulus 10 kali percobaan kan nantinya yang di belakang akan marah-marah dong, karena antrean akan panjang. Kan bisa aja dia sedang grogi pada saat ujian," ujar dia.

Baca Juga: Simple, Begini Lho Cara Cek Api Busi Mobil Injeksi

Hindari calo 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengimbau masyarakat sebaiknya mengindari calo SIM.

"Menurut saya itu sudah bagus, selama itu buat proses belajar. Hanya saja saya tidak setuju terhadap oknum-oknum yang mempermudah (proses kelulusan)," ucap Sony saat dihubungi pada Rabu.

Baca Juga: Sebelum Beli Ban Motor, Kamu Wajib Simak Tips Berikut Ini!

Sony mengutarakan kecemasannya dengan adanya pihak biro jasa yang dapat membantu proses pembuatan SIM. 

Sony menyatakan bahwa memiliki SIM tidak hanya untuk mendapatkan sertifikat dalam bentuk fisik saja, pemahaman berkendara yang aman dan nyaman juga harus disadari oleh semua pihak.

Untuk meminimalisir terjadinya pengulangan atau kegagalan dalam pengajuan pembuatan SIM, pihak terkait bisa memberikan beberapa kisi-kisi yang nantinya bisa dipelajari oleh pemohon pembuatan SIM.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Bocoran Soal Ujian Teori Pembuatan SIM C

Sabtu 25 Maret 2023, 17:01 WIB
Bocoran Soal Ujian Teori Pembuatan SIM C
Berita Terkini