Oli Gardan Skutik Honda Merembes, Penyebabnya Ternyata Sepele!

Aci
Rabu 29 Maret 2023, 07:40 WIB
Ilustrasi berbagai OLI AHM (Sumber : astra-motor.co.id)

Ilustrasi berbagai OLI AHM (Sumber : astra-motor.co.id)

LABVIRAL.COM - Agar skutik tetap awet, selain melakukan perawatan berkala penggantian oli mesin dan oli gardan skutik Honda juga harus diperhatikan.

Pastian selalu rutin mengganti oli mesin skutik Honda tiap 2.000 hingga 3.000 km pemakaian dan penggantian oli gardan tiap 6.000 hingga 8.000 km pemakaian.

Nah, saat melakukan penggantian oli gardan pada skutik Honda perlu memperhatikan bagian baut penutupnya. Karena, tak jarang setelah melakukan penggantian oli gardan skutik Honda, malah oli gardan tersebut rembes.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Kapan Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan?

Oli gardan pada skutik Honda ini biasanya rembes melalui bagian lubang pembuangan oli. Untuk penyebabnya sendiri, sebenarnya sangat sepele hanya karena kesalahan kecil tapi efeknya fatal.

Kesalahan tersebut umumnya karena mekanik lupa memasang ring pada baut lubang pembuangan oli gardan skutik Honda, sehingga oli gardan rembes dan menetes karena tanpa ring terdapat celah meskipun sangat tipis.

Baca Juga: 5 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

Ring pada baut penutup lubang oli gardan pada skutik Honda ini terbuat dengan bahan tembaga, jadi misal ring tersebut tidak terpasang maka akan terlihat jelas pada crankcase skutik Honda.

Penggunaan ring berbahan tembaga ini dinilai lebih kuat untuk menahan cairan seperti oli agar tidak mudah rembes jika dibandingkan dengan ring dari bahan logam lainnya.

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Ganti Oli Gardan Motor Matic, Jangan Asal Pilih Oli!

Jadi, saat penggantian oli gardan skutik Honda pastikan agar ring tembaga tidak hilang dan terpasang kembali seperti semula agar oli tidak rembes dan menetes.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

5 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

Senin 27 Maret 2023, 16:38 WIB
5 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti
Berita Terkini