Bakal Diuji di 5 Jalan Tol, Sistem Transaksi MLFF Diterapkan pada Akhir 2023

Aci
Rabu 29 Maret 2023, 07:56 WIB
Ilustrasi: kendaraan di jalan toll (Sumber : INSTAGRAM/infobandungraya)

Ilustrasi: kendaraan di jalan toll (Sumber : INSTAGRAM/infobandungraya)

LABVIRAL.COM - Pemerintah akan segera menguji coba sistem baru dalam menggunakan akses jalan tol di Indonesia dengan Multi Lane Free Flow (MLFF) pada akhir tahun ini.

Lewat Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menguji coba sistem pembayaran tol nirsentuh tersebut pada 5 ruas jalan tol di Indonesia.

"Ada lima ruas tol setelah Tol Bali Mandara. Rencana uji coba sepenuhnya untuk tambahan lima ruas tersebut pada Desember 2023," kata Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT Ali Rachmadi.

Baca Juga: Melihat Lagi Daftar Kendaraan Doni Salmanan yang Disita Negara, Porsche Langka sampai Lamborghini Huracan

Lima ruas tol yang akan mendapatkan porsi uji coba tersebut adalah :

1. Tol Balikpapan-Samarinda
2. Tol Jagorawi
3. Tol Jakarta-Cikampek
4. Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong)
5. Tol Dalam Kota

Namun, untuk saat ini BPJT akan fokus dan berencana melakukan uji coba MLFF di Tol Bali Mandara terlebih dahulu untuk menguji kesiapan sistem anyar tersebut.

"Kami lihat dulu sistemnya teruji atau belum. Kalau memang sudah teruji semua, baru kami rilis untuk ruas selanjutnya secara bertahap," ujar Ali.

Untuk mekanisme pembayaran dengan sistem nirsentuh ini akan menggunakan aplkasi Cantas yang dapat diunduh melalui smartphone.

Baca Juga: Sewa Weha One Luxury Medium Punya PO White Horse, Wajib Siapkan Dana Segini

Dengan menggunakan aplikasi Cantas, sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang akan dapat digunakan sebagai sistem pembayaran.

“Jadi pengendara harus install aplikasinya terlebih dahulu, kemudian daftarkan data kendaraan ke aplikasi. Data ini akan terhubung dengan pelat nomor kendaraan dan nantinya satelit akan mengenali ponsel anda,” ujar Danang.

Tidak hanya Cantas, BPJT juga menyediakan aplikasi lain yang dapt digunakan untuk masuk sistem pembayaran nirsentuh dengan menggunakan aplikasi OBU, Electronic Route Ticket.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini