5 Komponen Penyebab Motor Brebet saat Hujan Deras, Sering Bikin Mogok

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 05:12 WIB
Langkah antisipasi bila motor sering brebet akibat dipakai untuk menerobos hujan deras

Langkah antisipasi bila motor sering brebet akibat dipakai untuk menerobos hujan deras

LABVIRAL.COM, Berkendara di musim penghujan tak hanya mengancam kondisi fisik, tapi juga performa motor. Jika terlalu sering dipakai untuk menerobos hujan, motor bisa mengalami brebet dan mogok. Lantas, apa yang menyebabkan motor brebet saat hujan deras? 

Penyebab utama motor mengalami brebet ketika hujan adalah masuknya air ke dalam beberapa komponen. berikut ini beberapa masalah yang perlu kamu antisipasi jika motormu sering dipakai untuk menerobos hujan deras. 

Inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan motor brebet selama berkendara dalam kondisi hujan deras.

1. Busi Basah 

Masalah motor brebet saat hujan deras yang pertama adalah busi basah. Sebagai sumber pengapian, percikan api dari busi akan melemah bila kondisinya basah. Biasanya selain menyebabkan brebet, busi yang basah juga mengakibatkan motor mogok. 

Untuk mengatasinya, bukalah bagian kepala busi apakah terdapat sisa oli yang menempel atau tidak. Jika volume oli pada bagian tersebut berkurang, maka segera tambahkan hingga batas maksimal sebelum mencoba menyalakannya lagi.

2. Saringan Udara Basah 

Penyebab motor mengalami brebet yang selanjutnya adalah saringan udara basah. Air yang masuk ke dalam komponen ini akan menghambat udara yang diperlukan untuk proses pembakaran. Hal inilah yang menyebabkan tarikan gas terasa lebih berat atau brebet. 

Selain brebet, motor lebih rentan mogok jika air yang masuk melalui saringan udara sampai ke bagian poros pembakaran. Untuk mengatasinya, saringan udara perlu dibersihkan dengan teknik yang sesuai jenis filternya.

3. Air Masuk ke Tangki Bensin

Motor brebet saat hujan deras juga bisa disebabkan masuknya air ke tangki bensin. Hal ini umum terjadi motor sport dimana tangki bensin terletak di bagian depan. Bensin yang tercampur dengan air menyebabkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran tidak maksimal, sehingga menimbulkan brebet.

4. Knalpot Kemasukan Air 

Knalpot berfungsi sebagai media pembuangan gas, sehingga kondisinya harus terhindar dari air. Namun, melewati genangan air hujan, knalpot berpotensi kemasukan air dan menyebabkan brebet. Hal ini sering terjadi apabila ketinggian air sejajar dengan lubang knalpot motor. Selain menyebabkan brebet, knalpot yang kemasukan air juga mengakibatkan motor mogok.

5. Kabel Terkelupas 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini