Alasan Kenapa Harus Ada 2 Kabel Gas di Motor

Andi Syafriadi
Rabu 29 Maret 2023, 09:05 WIB
Ilustrasi perawatan kabel gas sepeda motor agar tidak mudah berkarat (Sumber : federaloil.co.id)

Ilustrasi perawatan kabel gas sepeda motor agar tidak mudah berkarat (Sumber : federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM- Seiring berkembanya dunia teknologi, perkembangan sepeda motor juga turut mengikutinya. Sepeda motor juga menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Dengan berkembangnya teknologi tersebut, produsen-produsen sepeda motor juga turut mengembangkan produk mereka.

Salah satu perkembangannya adalah pada kabel gas motor. Mulanya pabrikan hanya menggunakan 1 buah kabel gas pada sepeda motor. Namun, saat ini pabrikan telah mengembangkannya dengan menggunakan 2 kabel gas pada motor.

Baca Juga: Minerva Electron, Motor Listrik Lokal yang Siap Gempur Pasar Kendaraan Roda Dua!

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Inovasi tersebut dilakukan untuk menambah efektifitas serta mempermudah penggunanya.

Prinsip kerja gas dengan menggunakan 2 buah kabel adalah dengan sistem kerja kabel satu sebagai penarik katup kupu-kupu di throttle body sedangkan kabel yang kedua bertugas untuk mendorong atau mengukurnya sehingga respon throttle lebih responsif.

Baca Juga: Honda ST125 Dax, Motor Klasik Honda yang Harganya Bikin Dompet Meronta!

Penggunaan kabel gas dengan 1 buah kabel merupakan salah satu teknologi yang diterapkan pada sepeda motor lama. Bukan hanya motor bebek saja namun, motor matic dan sport juga masih seperti itu.

Biasanya motor yang sudah menggunakan sistem 2 kabel gas adalah motor yang sudah menggunakan throttle body berukuran besar atau motor dengan sistem pembakaran injeksi yang menggunakan katup kupu-kupu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini