Biang Kerok Ban Motor Tubeless Sering Kempes

Andi Syafriadi
Rabu 29 Maret 2023, 09:07 WIB
Illustrasi Ban Tubles

Illustrasi Ban Tubles

LABVIRAL.COM- Penggunaan ban motor jenis Tubeless sudah begitu banyak digunakan pada sepeda motor.  Para pemilik motor yang menggunakan velg jenis racing bahkan lebih banyak yang memilih menggunakan ban jenis ini daripada ban tube type atau ban yang masih menggunakan ban dalam.

Ban tubeless ini banyak diminati pengguna sepeda motor karena, ban jenis ini lebih tahan bocor, praktis, dan mudah untuk ditambal jika sewaktu-waktu mengalami kebocoran.

Tapi, bukan berarti ban jenis ini tidak bisa bocor, bahkan ban mudah kempes. Jika ban tubeless yang kamu gunakan menjadi mudah kempes tentu saja membuat kesal bukan.

Baca Juga: 7 Masalah Pembuat Lampu Senja Motor Sering Mati

Berikut penyebab ban tubeless sering kempes:

1. Pentil ban kendur

Salah satu penyebab ban tubles mudah kempes adalah pada pentilnya yang kendur. Jika pentil ban tidak terpasang sempurna dan kendur, angin yang terdapat di dalam ban akan keluar perlahan jika motor dikendarai ataupun motor sedang diparkir.

Untuk mengetahui pentil sudah terpasang dengan kencang, kamu bisa meneteskan air pada ujung pentil. Jika air yang diteteskan tertiup dan menimbulkan gelembung udara, berarti pemasangan pentil masih kurang kencang.

Baca Juga: Cari Vespa? Ini Daftar Harga Motor Vespa Termurah hingga Termahal

2. Bocor halus

Sama halnya dengan ban yang masih menggunakan ban dalam, ban tubeless juga bisa bocor halus.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini