4 Dampak Buruk Motor yang Sering Kehujanan

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 05:50 WIB
Kandungan asam yang terdapat pada air hujan bisa merusak beberapa komponen motor

Kandungan asam yang terdapat pada air hujan bisa merusak beberapa komponen motor

LABVIRAL.COM, Saat musim hujan tiba, para pemilik sepeda motor mungkin yang akan sering mendapatkan dampak motor kehujanan tersebut.

Pengendara motor pasti sering harus menerobos hujan. Jika sering melakukan hal tersebut maka kamu harus sering memperhatikan beberapa komponen yang ada dalam sepeda motor tersebut.

Komponen Pada Motor Yang Bisa Terkena Dampak Buruk Air Hujan

Ketika motor kamu sering digunakan untuk menerobos derasnya hujan, maka kamu harus selalu perhatikan beberapa komponen di dalamnya. Kandungan asam yang terdapat pada air hujan bisa merusak motor yang terbuat dari komponen besi sehingga nanti akan menimbulkan motor kehujanan tidak dapat dihidupkan.

Penting untuk kamu harus tahu komponen apa saja yang dapat terkena dampak motor kehujanan yang paling fatal, berikut adalah beberapa komponennya.

1. Filter pada motor

Jika kamu adalah salah satu pemilik motor yang berjenis matic, maka ada beberapa komponen yang harus kamu cek setelah digunakan untuk menerobos air hujan. Air hujan dapat masuk ke dalam filter udara yang bisa berakibat pada terpengaruhnya performa beserta kinerja dari motor tersebut. Akibatnya motor kehujanan mogok maupun bisa mengalami brebet saat di pakai untuk berkendara.

2. Kampas Rem

Kampas rem juga menjadi komponen yang pastinya akan terkena dampak dari motor yang sering dibawa hujan-hujanan. Pada komponen yang satu ini bisa berpotensi untuk mengakibatkan penimbunan banyak kotoran setelah di pakai berkendara di saat hujan. Hal ini akan berakibat pada rem motor yang lebih mudah untuk cepat haus.

3. Suspensi Motor

Di bagian suspensi yang satu ini umumnya akan memiliki pelumas yang berfungsi sebagai pengoptimalan pada kinerjanya. Jika motor kamu sering kehujanan maka pelumas tersebut akan mudah sekali untuk larut. Oleh sebab itu fungsi dari suspensi tersebut akan mengalami gangguan dan kenyamanan kamu pada saat berkendara pastinya akan terganggu.

Suspensi yang tidak mempunyai pelumas tersebut akan lebih cenderung keras sehingga akan tidak nyaman jika digunakan untuk melewati jalan yang berlubang-lubang, polisi tidur dan jalan yang berkerikil.

4. Rantai Motor

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya kandung asam pada air hujan akan memberikan dampak buruk untuk motor yang komponennya terbuat dari besi yang berakibat menimbulkan karatan maupun korosi. Rantai motor merupakan bagian yang juga paling mudah terjangkau air hujan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Ban Motor MotoGP Selalu Botak, Kenapa Ya?

Minggu 12 Maret 2023, 22:15 WIB
Ban Motor MotoGP Selalu Botak, Kenapa Ya?
Berita Terkini