Ketahuilah 4 Hal Ini Saat Mencuci Motor, Karena Wajib Dihindari!

Yowan R
Rabu 29 Maret 2023, 11:48 WIB
Ilustrasi mencuci sepeda motor yang benar (Sumber : biopolish.com)

Ilustrasi mencuci sepeda motor yang benar (Sumber : biopolish.com)

LABVIRAL.COM - Saat mencuci sepeda motor ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun terkesan sepele, ternyata mencuci sepeda motor juga memerlukan pengetahuan atau informasi khusus terkait hal apa saja yang yang boleh dilakukan dan tidak saat mencuci sepeda motor.

Karena itu, penting sekali para pemilik sepeda motor mengetahui informasi tersebut. Agar saat mereka mencuci motor kesayangannya tidak terjadi kesalahan.

Berikut ini labviral.com akan memberikan informasi terkait hal apa saja yang harus dihindari saat mencuci sepeda motor:

1. Mencuci sepeda motor saat mesinnya masih panas

Saat mencuci sepeda motor, tak jarang yang melakukannya saat kondisi mesinnya masih panas. Padahal, mesin motor yang masih dalam kondisi panas tidak boleh langsung dicuci.

Baca Juga: Hindari Cuci Motor Saat Mesin Masih Panas Kalau Ngga Mau Begini!

Karena kondisi mesin yang panas dan langsung terkena air bisa menyebabkan kerusakan pada blok mesin dan pangkal knalpot. Saat mesin panas langsung disiram dengan air, proses pendinginan paksa seperti ini akan membuat logam melakukan reaksi berlebih sehingga akan retak.

2. Langsung membersihkan bagian bodi motor tanpa di siram air terlebih dahulu

Hal berikutnya yang harus dihindari saat mencuci sepeda motor adalah membersihkan bagian bodi tanpa disiram air terlebih dahulu.

Biasanya, setelah motor digunakan akan terdapat debu dan kotoran yang menempel pada bodi. Jika bodi motor ini langsung dibersihkan misalnya menggunakan lap, bisa-bisa bodi motor malah lecet karena tergores debu atau kotoran yang menempel.

Baca Juga: Komponen yang Gak Boleh Kena Air Saat Cuci Motor, Wajib Tahu!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini