Biar Nggak Bingung, Ini Perbedaan Busi Mobil Standar, Platinum dan Iridium

Yusuf Tirtayasa
Rabu 29 Maret 2023, 12:32 WIB
Busi iridium disebut juga disebut juga busi racing dan biasa digunakan pada mesin yang memiliki putaran mesin atau rpm tinggi. (Sumber : Auto2000)

Busi iridium disebut juga disebut juga busi racing dan biasa digunakan pada mesin yang memiliki putaran mesin atau rpm tinggi. (Sumber : Auto2000)

LabViral.com - Busi merupakan bagian yang paling penting dalam sektor pembakaran mesin sehingga bisa hidup dan kemudian menggerakkan mobil.

Hingga saat ini busi sudah sangat berkembang dan beredar berbagai jenis, meskipun bentuknya hampir mirip. Kekinian, busi mobil sendiri terdapat tiga jenis yang cukup familiar yakni busi standar, platinum, dan iridium.

1. Busi Standar

Busi standar adalah busi yang biasanya sudah dibawakan oleh pabrikan mobil. Busi ini biasanya dibuat dari logam tembaga. Karena standar, pada dasarnya bukan busi pilihan untuk mobil yang sering diajak berakselerasi tinggi atau mobil balap. Busi ini juga pada dasar dibuat untuk kebutuhan mobil sehari-hari.

Keunggulan busi standar adalah memiliki umur yang relatif lebih panjang dan mampu menghasilkan stasioner mesin lebih stabil.

Busi Platinum

Busi kedua adalah busi platinum atau juga sering disebut busi semi racing. Busi platinum terbuat dari platina. Busi satu ini tergolong busi panas. Ujung elektrode juga didesain sedikit lancip jika dibandingkan busi standar.

Busi ini mampu menghasilkan tenaga sedikit lebih responsif untuk rpm bawah daripada busi standar bawaan pabrik. Untuk durasi pemakaian busi ini juga relatif sedikit lebih pendek jika dibandingkan busi standar. Jika mobil hampir setiap hari dipakai, busi ini bisa dipakai 3-4 tahun.

Kelebihan lain dari busi platinum ini adalah dapat mencegah proses karbon, sehingga kinerja semua komponen mesin kendaraan bisa optimal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini