Penyebab Busi Mobil Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Yusuf Tirtayasa
Rabu 29 Maret 2023, 12:55 WIB
Ilustrasi busi mobil yang tidak baik (Sumber : Instagram.com/doktermobil_bintaro)

Ilustrasi busi mobil yang tidak baik (Sumber : Instagram.com/doktermobil_bintaro)

LabViral.com - Busi adalah salah satu komponen yang berfungsi sebagai titik pengapian dalam mesin mobil. Oleh karena itu, posisinya sangat penting. Sama seperti komponen mesin lainnya, busi juga kerap mengalami masalah dan dapat mengganggu performa mesin mobil.

Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, ada baiknya kenali tiga penyebab busi mobil bermasalah dan cara mengatasinya berikut ini.

1. Ruang Mesin Banjir Oli

Penyebab pertama yang biasanya menyebabkan busi mobil bermasalah adalah terdapat terlalu banyak oli di ruang mesin. Kapasitas oli yang terlalu banyak ini dapat menutup dan menghalangi busi ketika akan memercikkan api ke mesin.

Akibatnya, aliran listrik di busi menjadi terganggu bahkan bisa merusak komponen mobil lainnya seperti koil ataupun power transistornya.

Cara mengatasinya adalah selalu cek kondisi oli mesin dan pastikan volumenya tidak melebihi kapasitas yang ditentukan. Selain itu, pastikan juga ruang mesin tidak mengalami kebocoran sehingga oli tidak membanjiri busi.

Turun mesin sangat diperlukan jika terjadi masalah ini. Dengan demikian, masalah banjir bisa diselesaikan dengan tuntas.

2. Jalur Pengapian Konslet

Masalah berikutnya yang bisa terjadi pada busi mobil adalah konslet pada jalur pengapian. Masalah ini akan menyebabkan mobil cepat mati.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini