4 Alasan Kuat Motor Harus Langsung Dicuci Setelah Kena Hujan

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 07:04 WIB
Cuci motor menggunakan air bersih setelah terkena air hujan sangat penting untuk dilakukan karena air hujan tersebut bisa menimbulkan kerusakan yang cukup serius

Cuci motor menggunakan air bersih setelah terkena air hujan sangat penting untuk dilakukan karena air hujan tersebut bisa menimbulkan kerusakan yang cukup serius

LABVIRAL.COM, Mencuci sepeda motor di saat musim hujan terkadang membuat orang malas untuk melakukannya, ada banyak orang yang berpikir motor yang nantinya terkena air hujan kembali akan sia-sia jika mencucinya. Mereka berpikir nanti pasti akan kotor kembali jika terkena air hujan. Cuci motor menggunakan air bersih setelah terkena air hujan  sangat penting untuk dilakukan karena air hujan tersebut bisa menimbulkan kerusakan yang cukup serius terhadap kendaraan.

Mengapa Harus Mencuci Motor dengan Air Bersih Setelah Motor Kehujanan?

Karena air hujan bisa berakibat merusak kendaraan milikmu secara perlahan. Setalah terkena jauh lebih baik langsung mencucinya kembali menggunakan air bersih. Secara umum air hujan ini mempunyai kandung garam sehingga bisa merusak bagian-bagian motor dengan perlahan satu per satu jika kita biarkan begitu saja.

1. Mesin akan lebih overheat

Hal paling pertama kali akan kamu rasakan jika tidak segera mencuci motor yang kehujanan adalah mesin bisa lebih overheat karena sisa air hujan yang berada di kendaraan akan menjadi sebuah kotoran yang mengendap jika terlalu lama dan bersarang di dalam radiator. Jika sudah menjadi seperti itu maka mesin akan mengalami panas yang berlebihan atau biasanya orang-orang akan menyebutnya overheat.

2. Body akan cepat menjadi kusam

Kotoran yang sudah menempel di body motor dan dibiarkan begitu saja akan berakibat menjadikan body jadi lebih kusam. Pada bagian kaki-kaki motor juga akan terdapat kerak dari kotoran yang akan begitu sulit untuk dibersihkan nanti. Paling utama hal tersebut bisa menimbulkan water sport atau bercak yang ada pada motor dan menjadikan motor terlihat tidak terawat.

Selain itu jika hal tersebut terjadi dalam jangka panjang, maka body dan mika yang terdapat di lampu motor milikmu juga akan cepat menjadi jauh lebih kusam yang disebabkan oleh zat asam yang ada pada air hujan. Terutama jika kamu memiliki kendaraan motor yang mempunyai warna putih, hal inilah yang akan menjadikan yellowing atau berubah menjadi kekuningan di permukaan cat.

3. Panas pada mesin tidak dapat dilepaskan secara normal

Dampak selanjutnya yang akan kamu dapatkan jika setelah motor dipakai untuk hujan-hujan dan tidak langsung dilakukan pencucian adalah mesin pada motor tidak bisa mengeluarkan panas dengan normal. Hal ini diakibatkan karena kotoran yang di dapatkan dari air hujan sudah menempel di beberapa bagian motor.

Terutama jika motor tersebut mempunyai radiator, jika sudah mengendap di bagian tersebut maka performa mesin tersebut juga akan mengalami penurunan.

4. Karet yang ada pada Seal tidak akan lagi aman

Beberapa komponen yang ada dalam motor sudah dilindungi dengan karet Seal agar bisa melindunginya dari air hujan beserta debu saat digunakan untuk berkendara. Jika sering terkena air hujan dan tidak langsung dibersihkan maka bisa menurunkan kualitasnya, terutama pada bagian velg atau tromol yang berakibat pada karatan di bearing maupun bantalan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini