Pada Rem Tromol dan Cakram, Tanda Kampas Rem Harus Diganti Akan Berbeda

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 16:37 WIB
Yuk, kenali indikator kampas rem yang harus diganti

Yuk, kenali indikator kampas rem yang harus diganti

LABVIRAL.COM, Rem merupakan bagian vital kendaraan. Di dalam sistem rem, terdapat satu komponen yang bernama kampas rem, yang berfungsi memperlambat dan menghentikan putaran roda agar kendaraan bisa berhenti dengan sempurna.

Untuk itu, penting untuk melakukan perawatan terhadap kampas rem, agar dapat berfungsi dengan maksimal. Kerja kampas rem dapat berkurang akibat panas yang ditimbulkan dari gaya gesek saat pengereman.

Karena itu, kampas rem yang baik adalah kampas rem yang mampu berkerja pada suhu panas sehingga tidak terjadi pengerasan permukaan yang bisa membuat daya cengkram berkurang akibat panas berlebih.

Baca Juga: Aturan Berapa Jarak Ideal Penggantian Kampas Rem Motor

Saat system kampas rem tidak berfungsi dengan baik, akan berakibat pada berkurangnya kemampuan kampas rem untuk menahan panas dari gaya gesek tersebut, sehingga rem bisa tidak pakem bahkan blong sehingga kemungkinan besar kecelakaan dapat terjadi.

Masalah lain juga bisa muncul akibat kampas rem yang habis atau aus. Selain berpotensi mengganggu kinerja sistem pengereman, kampas rem yang habis juga bisa merusak caram atau dinding drum pada rem tromol, sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan jadi lebih besar.

Baca Juga: 7 Tanda Kampas Rem Motor Sudah Lelah dan Minta Diganti

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya penting melakukan pemeriksaan dan menggantian kampas rem yang habis atau aus. Berikut labviral.com jelaskan tanda-tanda kampas rem sudah aus pada dua system rem:

Pada Sistem Rem Tromol

Pada sistem rem tromol, untuk mengetahui kondisi kampas rem, kamu dapat melakukan cara menekan pedal rem. Jika indikator keausan bertepatan atau melewati tanda keausan, menunjukan kampas rem sudah harus diganti. Periksa pula kondisi kampas rem dan diameter dalam drum brake dari roda sepeda motor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Kenapa Sih Kampas Rem Cepat Habis?

Selasa 28 Maret 2023, 01:32 WIB
Kenapa Sih Kampas Rem Cepat Habis?
Berita Terkini