5 Cara Paling Mudah Cegah Karat Muncul di Motor Saat Musim Hujan

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 07:13 WIB
Saat musim hujan tiba paling banyak dikhawatirkan orang yang mempunyai sepeda motor adalah motor berkarat.

Saat musim hujan tiba paling banyak dikhawatirkan orang yang mempunyai sepeda motor adalah motor berkarat.

LABVIRAL.COM, Saat musim hujan tiba paling banyak dikhawatirkan orang yang mempunyai sepeda motor adalah motor berkarat akibat terkena air hujan. Sebenarnya timbulnya karat ini pada sepeda motor tersebut di sebabkan oleh membiarkan begitu saja motor yang kotor setelah kehujanan.

Cara Mudah Mencegah Motor Berkarat Setelah Terkena Air Hujan

Ada cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya karat yang ada pada komponen sepeda motor dikala musim hujan yang sebentar lagi akan datang di antaranya adalah :

1. Segera mencuci motor setelah terkena air hujan

Banyak orang yang mengabaikan cara yang satu ini, sebenarnya setelah terkena air hujan akan jauh lebih baik jika motor yang kamu pakai tersebut langsung dilakukan pencucian sebab kandung zat asam dalam air hujan bisa berakibat menimbulkan karat pada berbagai bagian sepeda motor yang terbuat dari besi.

Mencuci motor ini juga bisa menghilangkan bagian-bagian kotor yang menempel pada motor, lakukan penggelapan hingga bersih sisa air hujan ini bisa mengakibatkan terjadinya korosi dan agar tidak ada bagian motor berkarat cuci motor sampai benar-benar kering.

Supaya lebih tahan akan karat setelah mencucinya pakai cairan spray anti-karat. Selain bisa merontokkan karat cairan tersebut juga bisa lebih melindungi sepeda motor dari terjadinya karat di berbagai bagian. Air hujan itu juga bisa menjadi penyebab rantai motor berkarat sehingga kamu dapat menyemprotkan spray anti karat di bagian rantai dan bagian-bagian yang lainnya.

2. Gunakan pelumas

Aplikasikan pelumas yang bisa untuk mencegah terjadinya karat pada bagian-bagian yang sangat rentan. Jika ada pelumas maka dengan adanya air yang mengendap pada salah satu bagian bisa cepat menghilang.

3. Berikan perlindungan pada sepeda motor

Ketika musim hujan, motor yang menggunakan pelindung bisa untuk mencegah air hujan yang tidak jarang bisa mengakibatkan kerusakan secara perlahan dan timbulnya karat di beberapa bagian motor yang kamu miliki. Hal ini juga bisa mencegah radiator motor berkarat yang bisa menurunkan performa kendaraan yang kamu miliki tersebut.

4. Menghindari genangan air

Cara lain yang bisa kamu lakukan supaya sepeda motor milikmu terhindar dari karatan adalah menghindari genangan air pada saat hujan. Air hujan yang tergenang tersebut akan mengakibatkan beberapa bagian yang ada dalam beberapa sisi kendaraan milikmu mengalami korosi seperti velg.

Lebih baik jika sekiranya banyak genangan maka kamu dapat menggunakan rute jalanan yang lainnya, yang pastinya akan lebih membantu kamu. Namun, tetap saja jika kamu sudah sampai di rumah harus segera kamu bersihkan untuk menghilangkan bekas air hujan yang menempel.

5. Mengurangi intensitas penggunaan sepeda motor pada saat musim hujan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini