3 Cara Merawat Baterai Handphone agar Awet, Mudah Banget Dilakukan

Annisa Fadhilah
Rabu 29 Maret 2023, 22:09 WIB
Ilustrasi aplikasi hp (Sumber : Unsplash/nordwood)

Ilustrasi aplikasi hp (Sumber : Unsplash/nordwood)

LABVIRAL.COM - Baterai jadi kunci mutlak penggunaan telepon genggam. Pasalnya tanpa baterai yang awet, sebagus apapun handphone tetap tak banyak berguna.  Nah, bagaimana cara merawat baterai handphone agar awet?

Penyebab baterai handphone boros sendiri ada beragam. Tercatat mulai dari kualitas baterai yang menurun dan perlu diganti hingga pola penggunaan handphone secara umum yang tak ramah baterai.

Pola penggunaan handphone yang tak ramah baterai ini kerap menyebabkan baterai boros. Nah, berikut cara merawat baterai handphone agar awet dihimpun dari berbagai sumber:

Mengatur Kecerahan Layar

Layar handphone tidak bisa diremehkan dalam perawatan baterai handphone. Lantaran kecerahan handphone memengaruhi model konsumsi baterai. 

Cara merawat baterai handphone agar awet dengan mengatur kecerahan layar dapat dilakukan dengan mudah. Cukup mengatur kecerahan handphone yang berada di bar pemberitahuan sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Agar Baterai Mobil Listrik Awet, Hindari Kebiasaan Ini

Mengatur kecerahan layar juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi handphone pada mode malam hari. Mode malam hari lebih nyaman di mata pada siang hari karena kontras layar lebih memudahkan identifikasi tiap tombol.

Mengaktifkan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai pada handphone memudahkan perawatan baterai. Biasanya mode hemat baterai akan muncul pada batasan daya baterai tertentu. Melalui mode hemat baterai, secara otomatis sistem handphone akan meminimalisir konsumsi daya. Sehingga baterai awet.

Cara merawat baterai handphone agar awet dengan mode hemat baterai ini juga mudah dilakukan. Pengaturan batas pengaktifan mode hemat baterai bisa dilakukan otomatis lewat sistem pengaturan. Sehingga tak perlu mengatur mode ini secara manual.

Memanfaatkan Mode Pesawat

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini