Motor Terendam Banjir? Jangan Hidupkan Mesin Dulu! Lakukan 5 Hal Ini

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 13 Maret 2023, 07:53 WIB
Apa yang harus dilakukan ketika motor terendam banjir? Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menangani permasalahan ini

Apa yang harus dilakukan ketika motor terendam banjir? Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menangani permasalahan ini

LABVIRAL.COM, Memasuki penghujung hujan, pasti ada beberapa wilayah yang mengalami hujan deras dan berpotensi dapat menyebabkan banjir pada wilayah-wilayah yang sudah menjadi langganan banjir. Bahkan, musibah banjir saat menimpa akan berdampak pada kerusakan yang sangat luas pada kehidupan. Mulai dari properti dan transportasi yang sering kita pakai, seperti sepeda motor.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika motor terendam banjir? Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menangani permasalahan ini.

5 Cara Ampuh Yang Perlu Dilakukan Saat Motor Terendam Banjir

Pertama, yang perlu kita ketahui jika secara keseluruhan motor sudah terendam banjir, jangan pernah memutar kunci menjadi ON. Jika hal ini dilakukan, maka akan membuat kerusakan yang lebih parah.

Untuk terhindar dari hal tersebut, seharusnya bersihkan dulu badan sepeda motor yang sudah terendam banjir dengan membilas motor tersebut menggunakan air bersih. Untuk motor terendam banjir yang sudah sebagian motor terendam pada air banjir, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

Bersihkan motor

Untuk motor yang terendam banjir dan masih di bawah saringan, cukup bersihkan sepeda motor dengan air bersih. Hal tersebut dilakukan agar tidak mengakibatkan adanya kerusakan dan kerak komponen pada sepeda motor tersebut. Karena jika tidak dibilas dengan air bersih, maka akan menjadi karatan.

Tidak dianjurkan untuk menghidupkan mesin

Jika motor terendam banjir, maka sangat tidak dianjurkan untuk menghidupkan mesin agar air tidak masuk ke dalam silinder melalui melalui knalpot atau saringan udara. Karena jika hal tersebut terjadi, maka dapat menyebabkan beberapa kerusakan seperti pada area silinder, klep, piston dan komponen yang lainnya.

Melakukan pengecekan pada kondisi oli mesin dan oli gardan

Pastikan untuk selalu mengecek oli mesin dan oli gardan sebelum menghidupkan mesin karena terlalu lama terendam banjir. Hal lain yang perlu dilakukan pada tahap ini adalah memperhatikan perubahan oli terhadap adanya perubahan warna. Jika oli pada motormu sudah berubah menjadi warna kecokelatan seperti susu, itu artinya sudah terkontaminasi dengan air rembesan yang masuk ke dalam mesin. Maka, perlu dilakukan pengurasan oli agar motor dapat berjalan dengan normal kembali.

Memeriksa busi dan tutup busi

Setelah memastikan kondisi oli, langkah selanjutnya adalah melakukan pembersihan pada busi dan tutup busi. Jika tutup busi pada motor terendam banjir maka dapat menyebabkan mesin yang tidak bisa dihidupkan kembali.

Memeriksa saringan udara

Saringan udara yang terdapat pada motor juga sangat penting untuk dilakukan pengecekan. Jika dirasa saringan udara sudah terendam air, kamu juga harus menggantinya agar mesin dapat bekerja dengan normal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Bagasi Motor Bolehkah Dicuci?

Senin 13 Maret 2023, 07:33 WIB
Bagasi Motor Bolehkah Dicuci?
Berita Terkini